Cuaca Ekstrem Berpotensi Terjadi Saat Arus Mudik Lebaran 2024

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti

Senin 18 Mar 2024 22:00 WIB

Pemudik menerobos hujan (ilustrasi). Cuaca ekstrem berpotensi terjadi saat arus mudik Lebaran 2024 Foto: ANTARA/Dedhez Anggara Pemudik menerobos hujan (ilustrasi). Cuaca ekstrem berpotensi terjadi saat arus mudik Lebaran 2024

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Deputi Bidang Meteorologi, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Guswanto mengatakan cuaca ekstrem berpotensi terjadi saat arus mudik Lebaran 2024. Cuaca ekstrem yang ditandai dengan perubahan cuaca secara tiba-tiba diprakirakan terjadi khususnya di Pulau Jawa pada 5 hingga 11 April 2024, yang bertepatan dengan arus mudik lebaran.

"Untuk cuaca ekstrem kita prediksi tanggal 5 sampai 11 April 2024, itu masih hujan sedang hingga lebat ya," katanya usai Rapat Tingkat Menteri (RTM) Angkutan Lebaran 2024 di Kantor Kemenko PMK di Jakarta, Senin (18/3/2024).

Baca Juga

Meski demikian, Guswanto menyebut pada 12 April dan sesudahnya diprakirakan aktivitas cuaca ekstrem berkurang menjadi hujan ringan. Hal tersebut, jelas dia, dipengaruhi oleh aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO) yang mempengaruhi Daerah Konvergensi Antar-Tropik (DKAT), bibit siklon tropis, serta siklon tropis Megan. 

Untuk itu, Guswanto menyebut pihaknya bakal menerapkan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC), guna meminimalisasi dampak yang akan ditimbulkan oleh cuaca ekstrem, seperti halnya banjir di Semarang dan Demak, Jawa Tengah, yang menjadi salah satu rute mudik Lebaran. "Saat ini sudah dilakukan teknologi modifikasi cuaca dan digalakkan dari teman-teman PUPR untuk memperketat tanggul sungai supaya tidak jebol lagi begitu," ucapnya.