Berapa Jumlah Rakaat Tarawih Nabi Muhammad SAW?

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

Senin 18 Mar 2024 11:05 WIB

Umat muslim menggunakan perahu untuk berangkat melaksanakan shalat Tarawih di Masjid Riyadhul Abidin, Ulu Gedong, Jambi, Jumat (15/3/2024). Banjir yang telah merendam kawasan itu sejak tiga bulan terakhir dan melumpuhkan akses jalan darat tidak menyurutkan umat muslim setempat untuk melaksanakan ibadah shalat Tarawih berjamaah di masjid. Foto: ANTARA FOTO/Wahdi Septiawan Umat muslim menggunakan perahu untuk berangkat melaksanakan shalat Tarawih di Masjid Riyadhul Abidin, Ulu Gedong, Jambi, Jumat (15/3/2024). Banjir yang telah merendam kawasan itu sejak tiga bulan terakhir dan melumpuhkan akses jalan darat tidak menyurutkan umat muslim setempat untuk melaksanakan ibadah shalat Tarawih berjamaah di masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setiap Ramadhan, umat Islam melaksanakan sholat Tarawih berjamaah ataupun sendiri-sendiri. Tahukah Anda berapa jumlah rakaat sholat Tarawih yang dilaksanakan Nabi Muhammad SAW?

KH Ahmad Zarkasih dalam buku Sejarah Tarawih terbitan Rumah Fiqih Publishing tahun 2019 menjelaskan terkait hal ini. Menurut buku tersebut, banyak orang tahu bahwa sholat Tarawih itu ada ketetapan jumlah rakaat yang teriwayat dari Nabi Muhammad SAW atau para sahabat Nabi.

Baca Juga

Ada yang menyebut 8 rakaat, tapi tidak sedikit yang mengatakan 20 rakaat atau bahkan ada yang lebih dari 20 rakaat. Padahal tidak seperti itu pelaksanaan sholat Tarawih dari sejak zaman Nabi Muhammad SAW sampai sekarang ini.

Dalam perjalanannya, justru sholat Tarawih dilakukan dengan variasi jumlah rakaat yang beragam dan berbeda-beda. Bahkan Nabi Muhammad SAW melakukan sholat Tarawih atau Qiyam Ramadhan dengan jumlah rakaat yang bervariasi.

Itulah sebabnya kenapa banyak ulama yang sampai saat ini masih berselisih tentang berapa jumlah raakaat sholat Tarawih yang benar dan sesuai dengan apa yang dilakukan Rasulullah SAW.

Berapa jumlah rakaat sholat tarawih Nabi SAW?

Terpopuler