Jam Macet di Jakarta Bergeser Saat Ramadhan: Padat dari Pukul 15.00 Hingga Buka Puasa

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti

Senin 18 Mar 2024 13:43 WIB

Suasana macet di jalanan Jakarta pada Ramadhan (ilustrasi). Polda Metro Jaya menyebut kemacetan di Jakarta bergeser selama Ramadhan. Foto: Republika/Putra M. Akbar Suasana macet di jalanan Jakarta pada Ramadhan (ilustrasi). Polda Metro Jaya menyebut kemacetan di Jakarta bergeser selama Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kemacetan di wilayah Jakarta bergeser selama bulan suci Ramadhan. Hal ini diungkapkan Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman.

"Ada pergeseran jam tapi masih bisa diantisipasi. Kalau pagi hari mulai dari jam 07.00 WIB mulai padat, sebetulnya tidak terlalu berbeda jauh, tapi agak panjang macetnya, " katanya saat dikonfirmasi di Jakarta, Senin (18/3/2024).

Baca Juga

Untuk sore hari, Latif menyebutkan, kepadatan lalu lintas mulai terjadi pada pukul 15.00 WIB hingga waktu berbuka puasa atau sekitar pukul 18.00 WIB. "Jam 3 (sore) sampai pada menjelang buka puasa, 'pas' buka puasa mulai landai lalu lintas," katanya.

Selain itu Latif menambahkan ada sejumlah jalur yang mengalami kepadatan lalu lintas di jam-jam tersebut. "Jalan jalan protokol, seperti Gatot Subroto, Sudirman-Thamrin, terus juga jalur arteri, seperti Kalimalang terus Daan Mogot, tempat tempat takjil juga. kita antisipasi di beberapa jalan tersebut," katanya.

Untuk mengantisipasi kepadatan kendaraan, pihaknya melakukan antisipasi yang salah satunya mengerahkan sejumlah personel lebih awal. "Kalau kita kan memang tugas tetap, siaga di lapangan, hanya kalau sore kita lebih awal," katanya.