Pakar Sarankan Lakukan Hal Ini Agar Tetap Bugar Selama Puasa Ramadhan

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Senin 18 Mar 2024 11:51 WIB

Aneka sajian Buffet Ramadhan. Foto: Republika/Umi Nur Fadhilah Aneka sajian Buffet Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ramadhan tidak hanya memiliki efek spiritual bagi umat Muslim, tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi tubuh kita. Karena pada bulan ini, tubuh akan memiliki kebiasaan-kebiasaan baru dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan lama yang tidak sehat.

Dilansir dari Geo TV pada Senin (18/3/2024), para ahli telah menyebutkan beberapa manfaat Ramadhan dan mendorong orang untuk memilih kebiasaan baru seperti mengurangi konsumsi kafein, berolahraga, dan membuang semua makanan yang tidak baik untuk tubuh.

Baca Juga

Wakil Presiden Eksekutif Strategi dan Program di RAKxa Integrative Wellness di Thailand Wsinee Sukjaroenkraisri, mengatakan dengan mengintegrasikan praktik yang secara holistik mengatasi kesejahteraan fisik, mental dan spiritual, individu dapat membuka potensi transformatif bulan suci ini.

Ahli gizi Mona Mobarak menyarankan agar selama Ramadhan tubuh lebih banyak mengonsumsi makanan padat nutrisi dan tetap terhidrasi. Hindari makan berlebihan saat makan sahur untuk mempertahankan tingkat energi di siang hari.

Para ahli juga menyarankan menghindari makanan asin dan pedas termasuk bawang putih. Seseorang harus fokus pada waktu makanan, pencernaan dan hidrasi. Para ahli juga mendesak mereka yang berpuasa menambahkan sayuran dan buah-buahan ketika berbuka ataupun sahur, untuk konsumsi makanan yang seimbang.

Sedangkan bagi penderita diabetes...