Menengok Semangat Lansia Jalani Pesantren Ramadhan di Blitar

Red: Qommarria Rostanti

Ahad 17 Mar 2024 18:58 WIB

Pesantren lansia (ilustrasi). Puluhan lansia mengikuti pesantren Ramadhan di Blitar, Jawa Timur. Foto: Republika/Wihdan Hidayat Pesantren lansia (ilustrasi). Puluhan lansia mengikuti pesantren Ramadhan di Blitar, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, BLITAR -- Puluhan warga lanjut usia (lansia) di Blitar, Jawa Timur, mengikuti Pesantren Ramadhan 2024. Pesantren tersebut digelar di Pondok Lansia Al Hikmah di Dusun Bendelonje, Desa Kendalrejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Jawa Timur (Jatim).

Pendiri Pondok Lansia Al Hikmah Dusun Bendelonje, Desa Kendalrejo, Kecamatan Talun, Kabupaten Blitar, Handayah mengatakan lansia mengikuti kegiatan di pesantren ini, terutama mengaji pada di bulan suci Ramadhan. "Kami ingin berbagi ilmu, biar hidup ada manfaatnya dan orang tua punya bekal di akhirat. Hidupnya husnul khotimah nanti," katanya di Blitar, Ahad (17/3/2024).

Baca Juga

Ia mengatakan para peserta mayoritas dari warga Blitar. Namun ada juga dari luar daerah seperti Lampung hingga Sulawesi. "Kegiatannya mengaji, dzikir, dan diajarkan untuk selalu mengingat kematian," katanya. 

Handayah mengatakan, kegiatan mengaji ini rutin digelar setiap tahun. Peserta mengikuti kegiatan di pondok pesantren selama satu bulan dan tidak dipungut biaya, bahkan pihaknya menyiapkan tempat penampungan bagi para lansia yang tidak punya rumah ataupun yang ditolak oleh keluarga mereka.

Adapun kegiatan para lansia ini dilakukan mulai pagi hingga sore hari dengan tadarus Alquran, kemudian sholat berjamaah, zikir berjamaah, dan beragam kegiatan lainnya seperti olah raga dan menyapu sekitar pondok. Salah seorang peserta, Ngatemi (69) mengaku sangat senang bisa ikut dalam kegiatan mengaji di pesantren dan mengaku memiliki banyak teman sehingga betah di tempat itu. "Saya senang tinggal di sini, karena banyak temannya juga. Kegiatannya banyak, ada menyapu, mengaji, sholat berjamaah," kata Ngatemi asal dari Blitar. 

Pondok Lansia Al Hikmah sudah berdiri sejak 14 tahun lalu dan selalu mengadakan kegiatan pengajian di bulan suci Ramadhan. Dalam Ramadhan 2024 ini ada sekitar 50 warga lansia yang mengikuti kegiatan di pondok. Mayoritas mereka adalah lansia putri dan masih kuat menjalankan ibadah puasa hingga Maghrib tiba.