Doa Berbuka Puasa, Niat Puasa Ramadhan Sebelum Sahur, dan Doa Sebelum Makan

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 15 Mar 2024 11:50 WIB

Masyarakat berburu takjil di pasar kaget pedagang takjil di Jalan Pusdai, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (14/3/2024). Jelang waktu berbuka puasa, kawasan itu semakin padat pengunjung. Pasar takjil dadakan tersebut menjadi salah satu pilihan favorit warga untuk mendapatkan aneka kuliner untuk berbuka puasa. Foto: Edi Yusuf/Republika Masyarakat berburu takjil di pasar kaget pedagang takjil di Jalan Pusdai, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (14/3/2024). Jelang waktu berbuka puasa, kawasan itu semakin padat pengunjung. Pasar takjil dadakan tersebut menjadi salah satu pilihan favorit warga untuk mendapatkan aneka kuliner untuk berbuka puasa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama Ramadhan umat Islam akan melaksanakan ibadah puasa. Sebelum berpuasa, umat Islam dianjurkan untuk makan sahur dan wajib membaca niat puasa.

Sebagian besar umat Islam sudah mengetahui doa-doa yang harus dibaca pada saat sahur atau sebelum sahur dan berbuka puasa. Namun, ada juga sebagian yang belum tahu dan hafal.

Baca Juga

Sebelum makan, hendaknya tetap membaca doa makan agar diberi rezeki yang lebih baik.

Doa Sebelum Makan

اَللّٰهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْمَا رَزَقْتَنَا وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Allahumma baarik lanaa fiimaa rozaqtanaa wa qinaa 'adzaa bannaar.

Artinya: "Ya Allah, berkahilah rezeki yang Engkau berikan kepada kami, dan karuniakanlah rezeki yang lebih baik dari itu dan peliharalah kami dari siksa api neraka." (HR Ibnu Sunni).

Setelah makan sahur pastikan berhenti makan 10 menit sebelum adzan, lalu niat berpuasa dengan doa ini.

Niat puasa Ramadhan dan doa berbuka puasa...

Terpopuler