Kelapa Bakar di Aceh Laris Manis, Terjual 1.000 Butir Setiap Hari Selama Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Kamis 14 Mar 2024 17:11 WIB

Warga mengupas kelapa muda yang sudah dibakar di kawasan pantai Desa Peunaga Pasi, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Aceh, Selasa (20/4/2021). Foto: Antara/Syifa Yulinnas Warga mengupas kelapa muda yang sudah dibakar di kawasan pantai Desa Peunaga Pasi, Kecamatan Meureubo, Aceh Barat, Aceh, Selasa (20/4/2021).

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH -- Permintaan kelapa bakar selama Ramadhan di Meulaboh, Kabupaten Aceh Barat setiap hari mencapai 1.000 butir.

“Alhamdulillah, kelapa bakar yang merupakan makanan dan minuman khas Ramadhan ini sangat digemari masyarakat saat berbuka puasa,” kata Ira (30 tahun), pedagang kelapa bakar di kawasan Desa Peunaga, Kecamatan Meureubo, Kabupaten Aceh Barat, Kamis (14/3/2024).

Baca Juga

Ia mengatakan, setiap harinya rata-rata setiap pedagang di daerah tersebut mampu menjual 80 hingga 100 butir kelapa bakar per hari. “Kalau semua pedagang di sini bisa menjual 1.000 butir kelapa setiap hari,” kata Ira.

Menurut dia, sajian kelapa bakar tersebut hanya tersedia di bulan suci Ramadhan dan tidak dijual pada hari biasanya. Selain berkhasiat untuk kesehatan dan bisa menjaga ion tubuh selama berpuasa, minuman kelapa bakar juga dipercaya masyarakat dapat menjaga kebugaran selama menunaikan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan.

Hal senada juga disampaikan oleh Fira, seorang pedagang kelapa bakar di Desa Peunaga, Kecamatan Meuereubo, Kabupaten Aceh Barat. Dia mengaku setiap hari bisa menjual paling sedikit 85 butir hingga 100 butir kelapa bakar setiap hari selama Ramadhan.

Ia mengaku kelapa bakar sangat diminati masyarakat selama bulan suci Ramadhan. Minuman ini memiliki rasa yang khas dan segar.