Pemkot Bogor Gelar Pasar Murah Selama Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Kamis 14 Mar 2024 16:58 WIB

Seorang anak membawa beras yang dibeli saat penyelenggaraan program Bulog Siaga di Jalan Jambu, Mulyaharja, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (4/3/2024). Pemerintah terus mengupayakan membantu masyarakat mendapatkan barang kebutuhan pokok terutama beras yang mengalami kenaikan harga melalui program Bulog Siaga dan penyaluran Bantuan Sosial Cadangan Beras Pemerintah (Bansos CBP) untuk memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga masyarakat. Bulog Siaga menyediakan kebutuhan pokok berupa beras SPHP dua ton, beras premium 500 kilogram, gula pasir 100 kilogram, minyak goreng 120 liter dan tepung beras 24 kilogram yang dijual untuk masyarakat dengan harga yang lebih murah di pasaran. Sedangkan, Bansos CBP berupa beras yang dibagikan secara gratis diperuntukan bagi masyarakat di 12 RW Kelurahan Mulyaharja yang membutuhkan. Foto: Republika/Putra M. Akbar Seorang anak membawa beras yang dibeli saat penyelenggaraan program Bulog Siaga di Jalan Jambu, Mulyaharja, Kota Bogor, Jawa Barat, Senin (4/3/2024). Pemerintah terus mengupayakan membantu masyarakat mendapatkan barang kebutuhan pokok terutama beras yang mengalami kenaikan harga melalui program Bulog Siaga dan penyaluran Bantuan Sosial Cadangan Beras Pemerintah (Bansos CBP) untuk memenuhi kebutuhan pangan rumah tangga masyarakat. Bulog Siaga menyediakan kebutuhan pokok berupa beras SPHP dua ton, beras premium 500 kilogram, gula pasir 100 kilogram, minyak goreng 120 liter dan tepung beras 24 kilogram yang dijual untuk masyarakat dengan harga yang lebih murah di pasaran. Sedangkan, Bansos CBP berupa beras yang dibagikan secara gratis diperuntukan bagi masyarakat di 12 RW Kelurahan Mulyaharja yang membutuhkan.

REPUBLIKA.CO.ID, KOTA BOGOR -- Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, Jawa Barat, melalui Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian dan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian menggelar pasar murah selama Ramadhan 1445 Hijriyah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Syarifah Sofiah mengatakan pasar murah ini diadakan bekerja sama dengan GS Fresh Mart dan Bulog. Pasar murah bertujuan menekan angka inflasi.

Baca Juga

“Jadi selama bulan Ramadhan ini akan ada sembilan titik Gerakan Pasar Murah,” kata Syarifah, Kamis (14/3/2024).

Ia menjelaskan, Pasar Murah ini menjadi salah satu upaya Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk menekan inflasi. Selain membantu masyarakat dengan harga yang lebih murah, pasar murah ini diharapkan juga bisa mengendalikan harga di pasar karena dari pasar murah ini dapat mengurangi permintaan di pasar.

“Ketika permintaan banyak, harga naik. Jadi kalau permintaan sedikit harganya bisa turun. Jadi semakin banyak pasar murah seperti ini semakin baik,” jelasnya.

Salah satu pasar murah yang digelar Pemkot Bogor ialah di Taman Tamara, Kelurahan Menteng pada Rabu (13/3/2024). Menurut Syarifah, kegiatan pasar murah seperti ini sangat ditunggu masyarakat.

Setiap gelaran pasar murah, barang-barang sembako yang dijual dengan harga lebih murah dibanding harga di pasaran ini selalu habis terjual. “Jadi tanpa perlu mengeluarkan (biaya) transportasi, warga bisa mendapatkan barang dengan harga relatif murah dan kualitasnya bagus,” ujarnya.

Kepala DinKUKMdagin Kota Bogor Firdaus mengatakan, pasar murah ini bekerja sama dengan PT GS Fresh Mart sebagai upaya pengendalian inflasi dari TPID yang diketuai Sekda Kota Bogor.

Pihaknya akan menyelesaikan pasar murah ini di sembilan titik kelurahan sampai 3 April 2024. Barang-barang yang dijual di pasar murah antara lain beras, minyak, terigu, cabai, bawang, telur, ayam broiler, sirup, susu, wafer dan lainnya.

“Tentu harganya lebih murah Rp 2.000-Rp 3.000 dari harga di pasaran dengan sasaran 300 warga di setiap pasar murah,” ucapnya.