Pemkab Agam Salurkan Rp 675 Juta Bagi 45 Masjid Selama Ramadhan

Red: Ani Nursalikah

Rabu 13 Mar 2024 18:10 WIB

Kantor Bupati Agam, Sumatra Barat. Foto: ANTARA/Altas Maulana Kantor Bupati Agam, Sumatra Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, LUBUK BASUNG -- Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatra Barat menyalurkan bantuan Rp 675 juta untuk biaya pembangunan 45 masjid di daerah itu selama Ramadhan 1445 Hijriyah.

 

Baca Juga

Pelaksana Tugas Kepala Bagian Kesra Sekretariat Daerah Agam Yosman mengatakan bantuan itu sebesar Rp 15 juta per masjid yang diserahkan melalui kunjungan Tim Safari Ramadan (TSR).

 

"Saat kunjungan tim, bantuan diserahkan hanya secara simbolis, sedangkan dananya ditransfer ke rekening masjid," katanya, Rabu (13/3/2024).

 

Ia mengatakan bantuan yang diserahkan itu berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2024. Kategori masjid dikunjungi masih dalam tahap pembangunan, sesuai rekomendasi dari pemerintahan kecamatan.

 

"Dana yang diserahkan itu untuk pembangunan masjid tersebut dan usulan dari pemerintah kecamatan," katanya.

 

Pemkab Agam pada Ramadhan 1445 Hijriyah membentuk 16 Tim Safari Ramadhan untuk mengunjungi 45 masjid di 16 kecamatan. Sebanyak 16 tim dibagi menjadi 32 tim reguler dan 13 khusus. Untuk tim reguler dua tim dipimpin langsung bupati dan lainnya dipimpin sekda serta forkopimda.

 

Untuk tim khusus sebanyak 13 rombongan yang langsung dipimpin Bupati Agam. "Ramadhan tahun ini bupati mengikuti 15 tim, dua tim reguler dan 13 tim khusus. Selain dari Pemkab Agam, nanti juga ada kunjungan TSR provinsi, tetapi kita belum dapat jumlah dan masjid yang dikunjungi,” katanya.

Terpopuler