Cara Qiyamul lail Full di Bulan Ramadhan

Rep: mgrol151/ Red: Erdy Nasrul

Selasa 12 Mar 2024 15:49 WIB

Ilustrasi melaksanakan qiyamul lail. Foto:

1

Kelima, jika sudah melaksanakan sahur dan memasuki waktu subuh, bisa lanjut melaksanakan sholat subuh dan tadarus atau murajaah hafalan Alquran 

Bisa dengan berdzikir atau mengulang hafalan Alquran.

Dengan demikian, jika seseorang rajin melaksanakan sholat tahajud, maka Allah SWT akan memberikan pahala dan mendatang manfaat bagi dirinya. Sebagaimana Allah berfirman dalam Surat al-Isra ayat 79, yang berbunyi:

وَمِنَ الَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهٖ نَافِلَةً لَّكَۖ عَسٰٓى اَنْ يَّبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَّحْمُوْدًا - ٧٩

Pada sebagian malam lakukanlah sholat tahajud sebagai (suatu ibadah) tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ke tempat yang terpuji. (QS. Al-Isra: 79).

Sholat tahajud juga dianjurkan oleh Nabi karena bisa menghapus dosa dan membuat seorang hamba lebih dekat dengan Allah SWT. 

Nabi shallallahu alaihi wa sallam bersabda: 

ﻋَﻠَﻴْﻜُﻢْ ﺑِﻘِﻴَﺎﻡِ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ، ﻓَﺈِﻧَّﻪُ ﺩَﺃْﺏُ ﺍﻟﺼَّﺎﻟِﺤِﻴْﻦَ ﻗَﺒْﻠَﻜُﻢْ، ﻭَﻫُﻮَ ﻗُﺮْﺑَﺔٌ ﺇِﻟَﻰ ﺭَﺑِّﻜُﻢْ، ﻭَﻣُﻜَﻔِّﺮَﺓٌ ﻟِﻠﺴَّﻴِّﺌَﺎﺕِ، ﻣَﻨْﻬَﺎﺓٌ ﻋَﻦِ ﺍْﻹِﺛْﻢِ

Lakukanlah sholat malam oleh kalian, karena hal itu merupakan kebiasaan orang-orang shalih sebelum kalian. Ia pun dapat mendekatkan kalian kepada Rabb kalian, menghapus segala kesalahan dan mencegah dari perbuatan dosa. (HR. Tirmidzi, Hadis hasan). 

Dalam hadis lain, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda:

ﺇِﻥَّ ﻓِﻲ ﺍﻟﻠَّﻴْﻞِ ﻟَﺴَﺎﻋَـﺔً، ﻻَ ﻳُﻮَﺍﻓِﻘُﻬَﺎ ﺭَﺟُـﻞٌ ﻣُﺴْﻠِﻢٌ ﻳَﺴْﺄَﻝُ ﺍﻟﻠﻪَ ﺧَﻴْﺮًﺍ ﻣِﻦْ ﺃَﻣْﺮِ ﺍﻟﺪُّﻧْﻴَﺎ ﻭَﺍْﻵﺧِﺮَﺓِ ﺇِﻻَّ ﺃَﻋْﻄَﺎﻩُ ﺇِﻳَّﺎﻩُ، ﻭَﺫَﻟِﻚَ ﻛُﻞَّ ﻟَﻴْﻠَﺔٍ .

Sesungguhnya di malam hari terdapat waktu tertentu, yang bila seorang muslim memohon kepada Allah dari kebaikan dunia dan akhirat pada waktu itu, maka Allah pasti akan memberikan kepadanya, dan hal tersebut ada di setiap malam. (HR. Muslim).

Oleh karena itu, sholat tahajud bisa membuat keinginan seseorang mudah dikabulkan oleh Allah SWT. Karena, pada waktu malam, hati seseorang dalam keadaan lembut sehingga ketika berdoa mereka khusyuk dengan penuh keikhlasan meminta pertolongan Allah SWT. 

 

Di sisi lain, jika dilihat dari segi kesehatan, membiasan diri melaksanakan sholat tahajud akan menanamkan sikap displin terhadap seseorang karena terbiasa bangun lebih awal untuk memanfaatkan waktu dengan beribadah. Kemudian, bisa menghilangkan pikiran stres, karena seringnya tahajud akan membuat emosi seseorang lebih positif karena merasa Allah selalu didekatnya. Terakhir, dengan melaksanakan tahajud seseorang bisa memiliki pikiran yang tenang dan lebih mudah menghadapi suatu cobaan. 

Terpopuler