Jamaah Tarawih Masjid Raya Baiturrahman Aceh Luber Hingga ke Taman

Red: Ani Nursalikah

Senin 11 Mar 2024 23:30 WIB

Masjid Baiturrahman, Banda Aceh Foto: Republika/Abdul Gadir Masjid Baiturrahman, Banda Aceh

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Ribuan jamaah memadati Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh hingga ke taman saat pelaksanaaan ibadah sholat tarawih perdana bulan suci Ramadhan 1445 Hijriyah.

"Memang sudah niat dari awal shalat tarawih di sini, karena memang Masjid Raya Baiturrahman ini terkenal dan paling besar di Aceh," kata salah seorang jamaah tarawih Syifa Amelia, di Banda Aceh, Senin (11/3/2024).

Baca Juga

Pemantauan di lapangan, setelah shalat magrib, jamaah sudah terlihat mulai berdatangan sehingga bagian dalam masjid sudah penuh sebelum adzan isya berkumandang. Selanjutnya, masyarakat Banda Aceh dan sekitarnya harus shalat di pekarangan dan taman masjid, serta di bawah payung besar ala Masjid Nabawi tersebut.

Kebanyakan jamaah juga terlihat membawa sajadah masing-masing sehingga mereka tetap bisa melaksanakan shalat berjamaah di atas rumput. Syifa mengaku sangat senang bisa melaksanakan shalat tarawih malam pertama di Masjid Raya Baiturrahman bersama kawan-kawannya. Meskipun harus pergi jauh dari Montasik Aceh Besar.

Hal senada juga disampaikan Masrul, shalat tarawih di Masjid Raya Baiturrahman menjadi pengalaman perdananya. Karena memang ia berdomisili jauh dengan ibu kota provinsi yakni dari Kabupaten Abdya.

"Menjadi hal yang luar biasa bagi kami sekeluarga bisa shalat di Masjid Raya Baiturrahman. Ini pengalaman pertama kami," katanya.

Dirinya bersama keluarga berada di Banda Aceh hingga beberapa hari ini, dan berencana ini mengunjungi atau shalat tarawih di masjid lainnya di Banda Aceh. "Kita kebetulan sedang berkunjung dari Abdya ke Banda Aceh. Ada beberapa masjid nanti yang kami kunjungi selama seminggu di Banda Aceh," kata Masrul.