Unik, Warga Bandarlampung Sambut Ramadhan dengan Pawai Obor Elektrik

Red: Qommarria Rostanti

Ahad 10 Mar 2024 16:36 WIB

Warga Bandarlampung melakukan pawai obor elektrik pada Sabtu (9/3/2024) malam. Pawa ini dilakukan untuk menyambut Ramadhan. Foto: Dok. ANTARA/Dian Hadiyatna Warga Bandarlampung melakukan pawai obor elektrik pada Sabtu (9/3/2024) malam. Pawa ini dilakukan untuk menyambut Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Ratusan warga Kecamatan Bumi Waras Kota Bandarlampung, Provinsi Lampung, menggelar pawai obor elektrik untuk menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 Hijriah. Menurut Ketua Panitia Pawai Obor Elektrik, Naili, kehadiran Ramadhan patut disambut dengan sukacita.

"Meski kita masih belum tau hari apa pastinya 1 Ramadhan, tetapi semarak menyambut kedatangan bulan puasa harus disambut dengan semangat," kata Ketua Panitia Pawai Obor Elektrik Naili, di Bandarlampung, Sabtu (9/3/2024) malam.

Baca Juga

Dia berharap pawai obor elektrik ini mampu memacu dan meningkatkan keimanan masyarakat khususnya kaum Muslim di daerahnya dalam menjalani ibadah puasa di Bulan Ramadhan. "Kami harap warga sini dapat jalani puasa dengan semangat. Sebagaimana tema sambut Ramadhan yakni 'Dengan Menyalanya Obor, Menyala Pula Semangat Keimanan dalam Menyongsong Ramadhan Penuh Berkah'," kata Naili.

Dia mengatakan, obor yang dibawa oleh ratusan warga berkeliling kampung adalah lampu obor elektrik yang dibuat masyarakat sekitar dengan biaya swadaya. "Ini obor elektriknya kami buat sendiri. Kami memilih menggunakan obor elektrik dengan tujuan keamanan dan untuk menghindari hal yang tidak diinginkan," kata dia.

Dia mengaku kegiatan pawai obor di lingkungannya baru pertama kali dilakukan malam ini. "Kenapa kami ambil malam ini kegiatannya, agar masih ada jeda ibu-ibu mempersiapkan keperluan lainnya di hari selanjutnya sambil menunggu penetapan 1 Ramadhan dari Pemerintah. Mungkin beberapa saudara kita sudah ada yang jalankan puasa Senin (11/3/2024) atau Selasa tetap harus dihormati. Tapi kalau di sini kami belum tahu, hingga menunggu keputusan pemerintah,” kata dia.

Seorang warga Bumi Waras, Jerry, mengatakan sangat mendukung kegiatan pawai obor menyambut Ramadhan yang dilakukan di kampungnya tersebut. "Tentunya ini sangat positif bagi kita, terutama anak-anak untuk bagaimana memberi pemahaman bahwa bulan suci Ramadhan harus disambut dengan semangat dan bahagia. Kemudian kegiatan seperti ini kalau bisa memang setiap tahun kita adakan sehingga lebih ramai dan lebih semangat lagi," kata dia.