8 Tips Berbuka Puasa Sehat

Red: Gita Amanda

Ahad 10 Mar 2024 04:40 WIB

Sayuran kaya akan vitamin, mineral dan serat serta memberikan banyak nutrisi dengan sedikit kalori. (ilustrasi) Foto: AP Sayuran kaya akan vitamin, mineral dan serat serta memberikan banyak nutrisi dengan sedikit kalori. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Mengkonsumsi makanan dan minuman berbuka puasa dengan gizi seimbang sangat penting agar dapat mengembalikan energi, setelah puasa sepanjang hari. Ramadhan merupakan kesempatan untuk menumbuhkan kebiasaan makan yang baik.

Dilansir dari laman Al Arabiya, berikut tips berbuka puasa sehat:

Baca Juga

1. Hidrasi sebelum makan

Minumlah banyak cairan seperti air putih, jus segar atau susu untuk mencegah dehidrasi. Air tetap menjadi sumber hidrasi terbaik. Minumlah 1-2 gelas air sebelum makan saat berbuka.

2. Berbuka puasa dengan kurma

Kandungan gula alami dari kurma, dapat memberikan energi pada tubuh. Mulailah berbuka dengan dua hingga tiga buah kurma untuk mengisi kembali kadar gula.

3. Makanlah semangkuk sup

Sup adalah hidangan yang sangat baik saat berbuka puasa. Sup juga membantu untuk tetap terhidrasi.

4. Makanlah sayuran

Sayuran kaya akan vitamin, mineral dan serat serta memberikan banyak nutrisi dengan sedikit kalori. Usahakan mengkonsumsi dua porsi sayuran setiap kali makan.

5. Pilih karbohidrat yang baik

Makanan berbuka puasa harus mengandung karbohidrat, sebaiknya yang kompleks. Karbohidrat kompleks menyediakan sumber energi yang lebih stabil dan berkelanjutan selain serat dan mineral.

6. Gabungkan protein tanpa lemak

Saat berbuka, konsumsi protein berkualitas tinggi yang mudah dicerna dan mengandung asam amino esensial. Pilih protein tanpa lemak atau jika vegetarian dapat memilih sumber protein seperti kacang-kacangan.

7. Buka puasa perlahan

Jangan terburu-buru saat menghabiskan makanan berbuka. Setelah tak makan sepanjang hari, makan berlebihan bisa menyebabkan ganguan pencernaan dan masalah lambung lainnya.

8. Hindari makanan tinggi lemak, garam dan gula

Jika memungkinkan hindari makanan berat untuk berbuka puasa yang mengandung banyak lemak tak sehat, garam dan tambahan gula.