Jelang Ramadhan, Korban Banjir Demak Terima Bantuan Alquran

Red: Nora Azizah

Jumat 08 Mar 2024 20:01 WIB

Umat Muslim Pakistan membaca Alquran saat mereka menjalankan Itikaf di Masjid. Foto: EPA-EFE/SHAHZAIB AKBER Umat Muslim Pakistan membaca Alquran saat mereka menjalankan Itikaf di Masjid.

REPUBLIKA.CO.ID, DEMAK -- Korban banjir di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Jawa Tengah, mendapatkan bantuan dari pemerintah daerah setempat bersama Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) berupa paket sembako, peralatan sekolah dan Alquran jelang Ramadhan.

"Kami berharap bantuan paket sembako, peralatan sekolah, peralatan ibadah, serta Al-Qur'an ini bisa membantu meringankan beban warga dalam menghadapi bulan suci Ramadhan," kata Bupati Demak Eisti'anah usai menyerahkan bantuan secara simbolis di Masjid Jami Baitul Muttaqin Karanganyar, di Demak, Jumat (8/3/2024).

Baca Juga

Apalagi, kata dia, sejumlah harga komoditas kebutuhan pokok masyarakat juga cenderung naik, sehingga dengan adanya bantuan tersebut bisa membantu mereka memenuhi kebutuhan pokok selama puasa nanti. Demikian halnya, imbuh dia, adanya bantuan Al-Qur'an untuk masjid dan musala dari IJTI Muria Raya juga sangat membantu para Muslim dalam menghadapi bulan puasa, karena sebelumnya tentu banyak Alquran yang terdampak banjir.

Sementara itu, Ketua IJTI Muria Raya Ikhwan Miftahudin mengungkapkan bantuan Alquran, sarung, dan mukena ini sebagai bentuk kepedulian para jurnalis televisi yang tergabung dalam IJTI untuk membantu menyediakannya untuk masjid dan musala yang dimungkinkan membutuhkan karena sebelumnya terdampak banjir.

"Bisa saja masjid atau musala yang tergenang banjir, Alquran sarung, maupun mukenanya juga rusak, sehingga kami mencoba membantu agar saat bulan puasa nanti mereka bisa memanfaatkannya," ujarnya.

Rihana, salah satu warga Desa Karanganyar mengaku berterima kasih karena mendapatkan bantuan paket sembako, termasuk anaknya yang masih duduk di bangku taman kanak-kanak juga mendapatkan bantuan tas dan peralatan sekolah.

Pada saat banjir bulan Februari 2024, kata dia, tas dan peralatan sekolah memang rusak semua, karena tergenang banjir. Kasmadi, pengurus Masjid Jami Baitul Muttaqin Karanganyar mengucapkan berterima kasih banyak atas bantuan Alquran serta peralatan salat, karena menjelang bulan puasa sangat dibutuhkan para jamaah.

Bantuan paket sembako yang dibagikan totalnya ada 330 paket. Untuk 180 paket yang berasal dari BPBD berisi mi, gula, sarden, minyak goreng, kecap, susu formula, biskuit, teh, dan kopi. Sedangkan 150 paket berisi beras, gula, mi, sarden, dan minyak goreng. Sementara bantuan kitab suci sebanyak 150 Al-Qur'an 45 buah sarung, dan 50 buah mukena.