Pakai Layanan Mudik Gratis, Perhatikan Tips Ini Agar Aman dan Nyaman

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Qommarria Rostanti

Kamis 07 Mar 2024 16:35 WIB

Mudik Gratis (ilustrasi). Ada beberapa tips aman dan nyaman saat menjalani mudik gratis. Foto: Republika/Wihdan Mudik Gratis (ilustrasi). Ada beberapa tips aman dan nyaman saat menjalani mudik gratis.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mudik menjadi momen yang sangat dinantikan sebagian orang, sebab bisa kembali berkumpul bersama keluarga di hari raya. Banyak pemudik sudah mulai mendaftar layanan mudik gratis untuk periode libur Lebaran 2024.

Supaya tetap aman dan nyaman saat pulang ke kampung halaman menggunakan layanan mudik gratis, pemudik perlu memperhatikan sejumlah hal sebelum dan selama keberangkatan. Berikut beberapa di antaranya, dikutip dari situs resmi Kementerian Kesehatan RI, Kamis (7/3/2024):

Baca Juga

1. Melakukan persiapan fisik 

Pemudik perlu menyiapkan kondisi fisik diri dan keluarga. Jaga kesehatan dengan lebih cermat beberapa hari sebelum keberangkatan. Bisa juga dengan melakukan cek kesehatan sebelum melakukan perjalanan. Beberapa layanan mudik gratis mengharuskan pemudik sudah melakukan vaksin booster Covid-19, sehingga ini juga perlu disiapkan.

2. Mengonsumsi makanan bergizi untuk sahur dan berbuka 

Keberangkatan armada layanan mudik gratis biasanya berlangsung beberapa hari sebelum hari-H Lebaran. Artinya, pemudik masih menjalankan ibadah puasa (kecuali yang membatalkan puasa karena perjalanan jauh). Karena itu, pastikan mengonsumsi makanan bergizi untuk sahur dan berbuka.

3. Menjaga kebersihan dan kesehatan diri

Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) perlu terus dilakukan selama di perjalanan, termasuk dengan teratur mencuci tangan menggunakan sabun atau membawa hand sanitizer. Ada baiknya mengenakan masker saat berada di kendaraan mudik gratis, mengingat ada banyak orang di dalam satu kendaraan dalam waktu lama.

4. Mengendalikan stres dan emosi 

Jangan lupa berdoa saat naik kendaraan dan berdoa agar perjalanan mudik dilancarkan Allah SWT. Usahakan juga agar perjalanan bebas dari stres, dengan cara mempersiapkan dengan cermat berbagai kebutuhan mudik sebelum keberangkatan. Walau mungkin terkendala macet atau arus mudik, ingatlah momen menyenangkan saat berjumpa keluarga di kampung.

5. Lakukan peregangan berkala

Selama di perjalanan, jangan lupa melakukan peregangan tubuh, tangan, dan kaki secara berkala. Pemudik bisa melakukannya sambil tetap duduk di kendaraan, atau sambil berjalan saat kendaraan berhenti sejenak di beberapa titik persinggahan.

6. Jangan memaksakan diri

Meskipun semula merasa kuat tetap berpuasa selama perjalanan mudik, jangan memaksakan diri apabila terlihat gejala penyakit tertentu. Segera batalkan puasa dan laporkan ke petugas penanggung jawab yang ada di kendaraan supaya bisa melakukan pemeriksaan kesehatan ke fasilitas atau posko kesehatan terdekat.