Pintu Khusus di Surga untuk Orang yang Puasa

Rep: Fuji E Permana/ Red: Ani Nursalikah

Senin 11 Mar 2024 05:05 WIB

Ilustrasi Surga Foto: Pixabay Ilustrasi Surga

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Umat Islam akan menyambut datangnya bulan puasa Ramadhan 2024 atau 1445 Hijriyah. Banyak keberkahan dan keutamaan bagi orang-orang yang melaksanakan ibadah puasa Ramadhan dengan iman dan takwa.

Imam Al Ghazali dalam kitab Ihya Ulumuddin menjelaskan ada sebuah pintu di surga yang hanya diperuntukkan bagi orang-orang yang berpuasa. Imam Al Ghazali bergelar Hujjatul Islam Zainuddin al-Thusi juga menjelaskan ganjaran yang didapat orang-orang yang berpuasa.

Baca Juga

Rasulullah SAW juga pernah bersabda, "Surga itu mempunyai sebuah pintu yang dinamakan Al-Rayyan. Tidak ada seorang pun yang bisa memasuki pintu itu selain orang-orang yang berpuasa. Mereka akan mendapat nikmat yang dijanjikan-Nya, yaitu berjumpa serta menyaksikan Allah 'Azza wa Jalla secara langsung." (Diriwayatkan Sahl bin Sa'ad Radhiyallahu anhu)

Rasulullah SAW juga pernah bersabda, "Orang yang berpuasa mempunyai dua kegembiraan, yaitu kegembiraan ketika berbuka dan kegembiraan ketika berjumpa dengan Allah di akhirat kelak." (Diriwayatkan Abu Hurairah Radhiyallahu anhu)

Rasulullah SAW juga pernah bersabda, "Setiap sesuatu mempunyai pintu. Dan, pintu ibadah adalah puasa." (Diriwayatkan Imam Ibnu Al-Mubarak)

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah...