Ketum MUI Ajak Umat Bersedekah untuk Palestina di Bulan Ramadhan

Rep: Muhyiddin/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 02 Mar 2024 06:35 WIB

Ketua Umum MUI KH Anwar Iskandar. Foto: Republika/Muhyiddin Ketua Umum MUI KH Anwar Iskandar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat menggelar acara "Tarhib Ramadhan, Dzikir dan Doa untuk Keselamatan Bangsa" di Masjid Istiqlal Jakarta, Jumat malam (1/3/2024).

Dalam tausiyahnya, Ketua Umum MUI KH Anwar Iskandar mengajak umat Islam agar melakukan berbagai kebaikan di bulan suci ini, termasuk bersedekah untuk Palestina.

Baca Juga

"Kami mohon di seluruh Indonesia ada donasi, sedekah yang akan disalurkan melalui berbagai lembaga yang ditunjuk untuk menampung sedekah itu dan akan kita kirim ke Gaza, Palestina. Karena mereka sangat membutuhkan," ujar Kiai Anwar.

Kiai Anwar mengaku miris dengan keadaan yang dialami warga Palestina akibat kebiadaban zionis Israel. Karena itu, menurut dia, sebisa mungkin umat Islam Indonesia harus membantu mereka.

"Kita miris dan menangis, betapa orang tua, perempuan, anak-anak kecil di sana menjadi korban kebiadaban dari zonis. Mari kita sebisanya membantu," ucap Kiai Anwar.

Sekecil apapun bantuan yang diberikan, menurut dia, pasti akan dapat membantu warga Palestina yang tertindas. Menurut dia, umat Islam Indonesia dengan umat Islam di Palestina seperti satu jasad.

"Mereka sakit kita sakit, karena itu sebisanya kita berdoa dan syukur kalau hari ini kita di pesantren-pesantren, di surau, di masjid melakukan sholat gaib. Masya Allah banyak saudara kita di Palestina yang mati disiksa, dibombardir, bahkan ada yang mati kelaparan," kata Kiai Anwar.

Mereka insya Allah syuhada...

Terpopuler