Ribuan Kendaraan Bermotor Padati Pelabuhan Bakauheni pada H+7 Malam

Red: Friska Yolandha

Senin 01 May 2023 07:58 WIB

Kendaraan pemudik roda empat antre untuk menaiki kapal di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Kamis (27/4/2023). Ribuan kendaraan pemudik terus berdatangan dan memadati kantong parkir Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, pada H+7 malam, Lebaran 2023. Foto: Antara/Ardiansyah Kendaraan pemudik roda empat antre untuk menaiki kapal di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Kamis (27/4/2023). Ribuan kendaraan pemudik terus berdatangan dan memadati kantong parkir Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, pada H+7 malam, Lebaran 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG SELATAN -- Ribuan kendaraan pemudik terus berdatangan dan memadati kantong parkir Pelabuhan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, pada H+7 malam, Lebaran 2023. Para pengendara roda dua terpantau terus berdatangan, dan memadati area Pelabuhan Bakauheni pada pukul 22.00 WIB hingga 23.30 WIB.

Ribuan kendaraan tersebut berasal dari berbagai daerah di Provinsi Lampung dan Sumatera yang hendak kembali ke sejumlah tempat di Pulau Jawa. Irul (34), warga Way Kanan, misalnya, mengatakan, ia sengaja melakukan perjalanan mudik arus balik menuju ke Jakarta pada malam hari untuk menghindari kemacetan.

Baca Juga

"Sengaja berangkat malam biar nggak panas dan macet-macetan di pelabuhan," kata Iruldi Bakauheni, Senin (1/5/2023) dini hari.

Area pelabuhan tidak hanya dipadati sepeda motor tetapi juga mobil para pemudik. Sejumlah bus juga terus berdatangan hingga memadati kantong-kantong parkir Pelabuhan Bakauheni.

Sejumlah petugas kepolisian, TNI, dan ASDP terlihat sibuk mengatur arus lalu lintas di dalam pelabuhan. Berdasarkan data 12 jam Posko Pelabuhan Bakauheni, sebanyak 10.025 sepeda motor; 8.440 mobil, dan 232 bus yang telah memasuki Pelabuhan Bakauheni.

Sebelumnya General Manager PT ASDP cabang Bakauheni, Rudi Sunarko, mengatakan puncak arus balik gelombang kedua diperkirakan jatuh pada Ahad hingga tiga hari ke depan. Rudi Sunarko mengimbau parapengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari.

"Jadi kami mengimbau para pemudik dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP agar membeli tiket dari jauh hari," katanya.