Senin 01 May 2023 06:56 WIB

Hari Terakhir Libur, Ratusan Bus Padati Pelabuhan Bakauheni Sejak Dini Hari

Para pemudik diminta untuk membeli tiket melalui Ferizy sejak jauh hari.

Kendaraan pemudik roda empat antre untuk menaiki kapal di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Kamis (27/4/2023). Arus balik pada 1 Mei semakin padat karena hari terakhir waktu liburan.
Foto: Antara/Ardiansyah
Kendaraan pemudik roda empat antre untuk menaiki kapal di Dermaga Eksekutif Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Kamis (27/4/2023). Arus balik pada 1 Mei semakin padat karena hari terakhir waktu liburan.

REPUBLIKA.CO.ID, LAMPUNG SELATAN -- Ratusan kendaraan bus yang mengangkut pemudik arus balik,  terus berdatangan dan memadati kantong parkir di Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, pada dini hari Senin (1/5/2023) atau H+8 lebaran 2023.

Berdasarkan pantauan ANTARA di Pelabuhan Bakauheni, pada pukul 00.00 WIB hingga 03.05 WIB para kendaraan bus terpantau terus berdatangan, dan memadati pelabuhan. Ratusan kendaraan berasal dari berbagai daerah di provinsi Lampung dan Sumatera, yang ingin kembali ke pulau Jawa.

Baca Juga

Mahyudin (40) salah satu supir bus CSH 88 Bus mengatakan, bahwa ia telah mengantri di kantong parkir untuk memasuki kapal di pelabuhan Bakauheni sudah empat jam lamanya.

"Iya pak ini saya ngantri mau masuk kapal ini sudah 4 jam lebih, dan memang puncak arus mudik ke dua ini pada malam ini makanya rame pak," kata Mahyudin, di Bakauheni.

 

Tidak hanya kendaraan bus saja, namun kendaraan roda dua, empat dan mobil barang pun terpantau memadati area pelabuhan. Sejumlah petugas kepolisian, TNI, dan petugas ASDP terlihat sibuk mengatur arus lalu lintas di dalam pelabuhan.

Rohman salah satu petugas yang mengatur lalulintas di area pelabuhan mengatakan, kepadatan ini mulai terlihat pada pagi hingga dini hari saat ini.

"Ya mulai terlihat padat itu dari tadi pagi sampai saat ini masih tidak berhenti kepadatannya ngalir ramai lancar," kata dia.

Berdasarkan data 12 jam dari Posko Pelabuhan Bakauheni, Lampung, menunjukan jumlah penumpang kendaraan roda dua sebanyak 10.025 unit, dan untuk kendaraan mobil sebanyak 8.440 unit, serta bus 232 unit. Sebelumnya General Manager PT ASDP cabang Bakauheni, Rudi Sunarko, mengatakan, bahwa puncak arus balik gelombang kedua diperkirakan jatuh pada hari ini hingga tiga hari ke depan.

Rudi Sunarko mengimbau kepada pengguna jasa penyeberangan agar dapat membeli tiket Ferizy dari jauh hari.

"Jadi kami mengimbau untuk calon pemudik dari Pulau Jawa ke Sumatera dan sebaliknya yang akan menggunakan jasa penyeberangan ASDP untuk membeli tiket dari jauh hari," demikian Rudi Sunarko.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement