Puncak Arus Balik di Pasaman Barat Diperkirakan Senin

Red: Ani Nursalikah

Sabtu 29 Apr 2023 18:01 WIB

Kendaraan pemudik melintas di Jalan Raya Padang-Jambi, kelok Sitinjau Laut, Padang, Sumatra Barat, Jumat (29/4/2022). Puncak Arus Balik di Pasaman Barat Diperkirakan Senin Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra Kendaraan pemudik melintas di Jalan Raya Padang-Jambi, kelok Sitinjau Laut, Padang, Sumatra Barat, Jumat (29/4/2022). Puncak Arus Balik di Pasaman Barat Diperkirakan Senin

REPUBLIKA.CO.ID, SIMPANG EMPAT -- Dinas Perhubungan Kabupaten Pasaman Barat, Sumatra Barat memperkirakan puncak arus balik Lebaran 2023 akan terjadi pada Senin (1/5/2023).

"Saat ini aktivitas di Terminal Simpang Empat belum terlalu ramai. Kami perkirakan puncaknya Senin," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Pasaman Barat Ade Putra, Sabtu (29/4/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan biasanya aktivitas Terminal Simpang Empat selalu ramai, baik saat mudik maupun arus balik. Selain tujuan penumpang ke kabupaten/kota dalam Sumbar, juga banyak menuju Medan dan Pekanbaru.

Perusahaan otobus (PO) ALS hari ini mengangkut penumpang ke luar Pasaman Barat sebanyak dua unit. Bus yang sama hari ini telah menambah dua unit bus sehingga keberangkatan setiap hari dua unit dan tiba dua unit. 

Biasanya hanya satu unit. Aktivitas PO lainnya terus meningkat baik yang keluar Pasaman Barat maupun yang masuk ke Pasaman Barat.

Selain jumlah keberangkatan angkutan umum meningkat, kendaraan pribadi nomor polisi dari luar daerah juga mulai menuju ke luar Pasaman Barat. Menurutnya, jalan lintas Pasaman Barat sebenarnya setiap tahun tidak terlalu ramai pemudik dibandingkan jalur lintas lainnya, seperti Padang-Bukittinggi.

Ia menyebutkan pada umumnya para pemudik dalam provinsi pulang kampung menggunakan sepeda motor, menempuh jalur Manggopoh-Simpang Empat. Ia bersama unsur terkait lainnya tergabung dalam posko keamanan dan pelayanan wilayah tersebut.

"Selain memantau arus balik, kami juga menyiagakan personel di sejumlah objek wisata yang ramai dikunjungi warga," katanya.