Mudik Lebaran Tahun Ini Dinilai Dikelola dengan Lebih Baik

Red: Muhammad Hafil

Sabtu 29 Apr 2023 09:17 WIB

Polisi Wanita (Polwan) dari Polda metro Jaya membagikan peta mudik kepada pengendara kendaraan. (ilustrasi) Foto: Republika/Yasin Habibi Polisi Wanita (Polwan) dari Polda metro Jaya membagikan peta mudik kepada pengendara kendaraan. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Rampai Nusantara mengapresiasi jajaran Polri khususnya Kapolri dan pemerintah yang telah mengoptimalkan pengamanan dan pelayanan arus mudik serta balik Hari Raya Idulfitri 2023.

Ketua Umum Rampai Nusantara Mardiansyah mengungkapkan bahwa pengamanan, pelayanan, serta pengaturan lalu lintas arus mudik dan balik Lebaran saat ini jauh lebih baik serta terkelola dengan rapih dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Baca Juga

"Arus mudik dan balik sekarang ini dari mulai perjalanan saja sudah banyak anggota polisi di pinggir jalan yang siap siaga membantu kalau ada kesusahan atau apa pun itu, untuk perjalanan relatif lancar sekali. Jadi tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. Mudik tahun ini jalanan sangat lancar ada pengamanan dan semuanya telah diatur dengan baik oleh kepolisian," kata mardiansyah ditemui saat di Kantor Sekretariat Nasional RN, Jakarta, Jumat (28/4/2023). 

Kapolri mengeluarkan aturan dan kebijakan yang tepat dalam menangani arus mudik dan balik yang merupakan tertinggi dibandingkan sebelumnya, Keberhasilan meramu strategi kebijakan yang akurat sehingga perjalanan  sangat aman, lancar serta berkesan dan jajaran Polri dinilai sigap dalam menjalankan beragam skema lalu lintas dalam pengamanan arus mudik Lebaran 2023, karena itu Rampai Nusantara sebagai bagian dari masyarakat memberikan apresiasi kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

"Luar biasa sekali ya mudik lancar tentu dengan kebijakan Kapolri dan kesigapan jajarannya karena sebelumnya kita cukup khawatir arus mudik dan balik tahun ini akan ada berbagai kendala karena tingginya antusias masyarakat untuk mudik bahkan yang tertinggi dibandingkan sebelumnya ternyata semua dapat teratasi dengan baik karena itu patut kita acungi jempol dan apresiasi untuk Kapolri dan anggota nya yang telah bekerja keras,keren lah pokoknya," Ujar Mardiansyah.

Selain rekayasa lalu lintas seperti penerapan sistem one way di beberapa ruas tol, kelancaran arus mudik dan arus balik karena adanya diskon tarif jalan tol trans jawa pada tanggal-tanggal tertentu dan juga himbauan pemerintah untuk menunda balik agar tidak menumpuk juga berhasil mengurai kepadatan yang luar biasa.

"Terima kasih buat Kapolri dan pemerintah dengan berbagai kebijakannya yang sudah mengamankan arus mudik dan balik. alhamdulillah lancar,Dari semua arah juga lancar. Terima kasih juga kepada pemerintah yang sudah sangat serius menangani mudik tahun ini,sekaligus juga kami  Keluarga Besar Rampai Nusantara ingin mengucapkan Selamat Berlebaran Mohon Maaf Lahir dan Batin," ujar Mardiansyah.