Polri Minta Pemudik Manfaatkan Tol Cisumdawu

Red: Bilal Ramadhan

Selasa 25 Apr 2023 15:12 WIB

Kendaraan melintas di jalur fungsional Tol Cisumdawu di Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Polri meminta pemudik manfaatkan Tol Cisumdawu untuk mengurangi kepadatan Cipali. Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA Kendaraan melintas di jalur fungsional Tol Cisumdawu di Tomo, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Polri meminta pemudik manfaatkan Tol Cisumdawu untuk mengurangi kepadatan Cipali.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Korps Lalu Lintas Polri meminta masyarakat yang hendak pulang balik ke Jakarta atau Bandung dari arah Jawa Tengah untuk memanfaatkan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) guna mengurai kepadatan lalu lintas di Tol Cikopo-Palimanan (Cipali).

Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri Brigadir Jenderal Polisi Aan Suhanan mengatakan, Tol Cisumdawu bisa diakses dari Tol Cipali di Kilometer 152 dan jalan di Tol Cisumdawu itu kondisinya sudah baik dan mulus untuk dilalui.

Baca Juga

"Jadi, sayang kalau tidak dimanfaatkan untuk masyarakat yang akan kembali ke Bandung ataupun ke Jakarta," kata Aan saat meninjau Pos Pengamanan Terpadu Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (25/4/2023).

Menurut dia, jalur fungsional Tol Ciwsumdawu itu bisa diakses hingga kawasan Cimalaka. Setelah kawasan Cimalaka itu, ruas Tol Cisumdawu hingga kawasan Cileunyi dalam kondisi normal.

"Setelah Cimalaka melalui Cileunyi ini arusnya juga masih cukup lancar," kata dia.

Meski begitu, Aan tetap mengimbau masyarakat untuk tidak memaksakan diri ketika menggunakan jalur tol untuk arus balik. Apabila kondisi fisik sudah lelah atau mengantuk, masyarakat bisa memanfaatkan area peristirahatan yang tersedia.

Apabila rest area penuh, Aan meminta masyarakat untuk tidak beristirahat di bahu jalan dan menaati arahan petugas di lapangan.

"Silakan keluar tol, cari tempat yang nyaman, istirahat sejenak atau silakan ke rest area kalau masih kosong, istirahat sejenak. Kalau sudah fresh baru melaksanakan perjalanannya kembali," katanya.