H+2 Lebaran, Wisata Pantai Selatan Cianjur Diserbu 8.000 Pengunjung

Red: Nora Azizah

 Senin 24 Apr 2023 21:34 WIB

Sejumlah pengunjung bermain di pantai (Foto: ilustrasi). Foto: ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYAT Sejumlah pengunjung bermain di pantai (Foto:...

Angka kunjungan wisatawan di Pantai Selatan Cianjur melonjak di H+2 Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR -- Objek wisata pantai selatan Cianjur, Jawa Barat, dipadati ribuan pengunjung dari berbagai daerah di Jawa Barat selatan termasuk pemudik yang menghabiskan libur sebelum kembali ke perantauannya masing-masing. Pengelola objek wisata Pantai Cemara di Kecamatan Cidaun, Sandi, saat dihubungi Senin (24/4/2023), mengatakan, angka kunjungan sudah terjadi sejak hari pertama Lebaran dan melonjak tinggi di hari kedua Lebaran dengan angka kunjungan lebih dari 8.000 orang.

"Untuk hari pertama sekitar 4.000 orang memasuki pantai ini, didominasi wisatawan lokal dan pemudik. Hari kedua Lebaran wisatawan yang datang dari berbagai kota/kabupaten di selatan Jabar seperti Bandung, Garut, Tasikmalaya dan Sukabumi," katanya lagi.

Baca Juga

Sebagian besar pengunjung yang datang menggunakan kendaraan pribadi jenis roda empat dan roda dua, mulai memadati pantai yang memiliki keasrian dan pohon cemara yang berjajar beberapa belas meter sebelum bibir pantai, sejak pagi hingga petang.

Meski sarana dan prasarana penunjang masih terbatas, pantai yang baru dibuka beberapa tahun yang lalu menjadi objek wisata favorit bagi wisatawan dari luar daerah termasuk pemudik yang pulang setahun sekali.

Tingginya angka kunjungan dirasakan pengelola objek wisata Ocean View Karangpotong di Kecamatan SindangbarangDeden. Memasuki H+1 Lebaran, ujar dia, angka kunjungan wisatawan yang datang sekitar 10 ribu orang dari berbagai daerah termasuk pemudik.

"Sampai pukul 12.00 WIB angka kunjungan sekitar 10 ribu orang didominasi wisatawan dari Bandung, Garut, dan Sukabumi serta pemudik yang menghabiskan libur panjang hari raya sebelum kembali ke perantauan," katanya pula.

Pihaknya memperkirakan hingga petang, angka kunjungan akan mencapai 12.500 orang, sehingga pihaknya menambah petugas untuk memantau dan memberikan informasi bagi pengunjung. Pihaknya juga memperkirakan angka kunjungan akan tetap tinggi hingga akhir pekan.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten CianjurAhmad Danialmengatakan angka kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi wisata yang ada di Cianjur, terus meningkat terutama wisata alam di Cianjur utara hingga selatan sejak hari pertama Lebaran hingga H+1.

"Untuk wilayah utara angka kunjungan yang cukup tinggi dilaporkan di objek wisata Kebun Raya Cibodas, Taman Bunga Nusantara dan Savilage mencapai belasan ribu orang, sedangkan di wilayah selatan, sejumlah pantai dipadati ribuan pengunjung termasuk air terjun," katanya lagi.

Berita Lainnya