Bandara Juanda Siap Layani Arus Balik Lebaran 2023

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Ani Nursalikah

 Senin 24 Apr 2023 15:10 WIB

Calon penumpang pesawat antre di area lapor diri sebelum melakukan penerbangan dari Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (14/4/2023). Pengelola Bandara Juanda memprediksi jumlah penumpang mencapai 772.145 orang atau naik 18 persen dibanding tahun sebelumnya yakni 656.817 orang dengan puncak pergerakan penumpang sebanyak 42 ribu orang pada H-3 Idul Fitri 1444 H. Bandara Juanda Siap Layani Arus Balik Lebaran 2023 Foto: ANTARA FOTO/Umarul Faruq Calon penumpang pesawat antre di area lapor diri sebelum melakukan penerbangan dari Bandara Internasional Juanda Surabaya di Sidoarjo, Jawa Timur, Jumat (14/4/2023). Pengelola Bandara Juanda memprediksi jumlah penumpang mencapai...

Pengelola memaksimalkan 15 ruang tunggu yang ada di Terminal 1 Bandara Juanda.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- General Manager Bandar Udara Internasional Juanda, Sisyani Jaffar menegaskan kesiapannya melayani arus balik lebaran Idul Fitri 1444 H yang diprediksi akan dimulai pada Senin (24/4/2023). Sisyani memprediksi, pada hari ini, jumlah penumpang yang akan dilayani sekitar 37 ribu penumpang dengan 282 penerbangan.

Sisyani mengatakan, sejak hari H lebaran hingga H+2 lebaran, jumlah penumpang yang melakukan perjalanan melalui Bandara Juanda relatif masih landai. "Jumlahnya masih relatif belum naik signifikan tapi terlihat perbedaan dengan arus mudik yakni jumlah penumpang keberangkatan lebih banyak dibanding kedatangan," ujarnya.

Baca Juga

Sisyani mengaku, sejumlah persiapam telah dilakukan menghadapi arus balik. Di antaranya adalah dengan memaksimalkan 15 ruang tunggu yang ada di Terminal 1 Bandara Juanda. Namun demikian, kata Sisyani, pemaksimalan ruang tunggu dilakukan dengan tetap mempertimbangkan kebutuhan operasional di lapangan.

"Artinya, seluruh ruang tunggu siap beroperasi namun menyesuaikan juga dengan jumlah penumpang yang dilayani," kata Sisyani.

Secara taktis, para petugas di bandara juga akan siap melakukan pengaturan baik itu pada sisi lalu lintas di area pergerakan kendaraan pengantar dan penjemput maupun di area dalam terminal yang berpotensi adanya antrean. Seperti pada konter check in dan pemeriksaan keamanan atau security check point. Saat ini, ia mengoperasikan empat X-ray penumpang dan satu X-ray karyawan yang dapat digunakan jika terjadi kepadatan.

"Kami juga siapkan tambahan satu X-ray di sisi timur terminal untuk antisipasi. Seluruh peralatan pemeriksaan keamanan tersebut menurut perhitungan kami masih akan dapat menampung jumlah penumpang yang akan terlayani. Pada area tersebut personil Avsec yang bertugas adalah sejumlah 20 sampai 25 orang setiap shift-nya," ujarnya.

Sisyani mengungkapkan, hingga H+1 lebaran jumlah penumpang yang dilayani Bandar Udara Internasional Juanda adalah sebanyak 397.873 atau meningkat 26 persen jika dibanding periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya 315.261 penumpang. Pergerakan pesawat juga tumbuh 20 persen, dari 2.412 pergerakan menjadi 2.687 pergerakan pesawat pada tahun ini.

 

Berita Lainnya