BNPB: Situasi Mudik di Jabar Kondusif Tanpa Bencana Alam

Red: Bilal Ramadhan

Ahad 23 Apr 2023 07:05 WIB

Foto udara kendaraan melintas di gerbang Tol Cikampek Utama saat penerapan satu arah, Karawang, Jawa Barat. BNPB melaporkan situasi mudik di Jawa Barat yang kondusif tanpa bencana alam. Foto: ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah Foto udara kendaraan melintas di gerbang Tol Cikampek Utama saat penerapan satu arah, Karawang, Jawa Barat. BNPB melaporkan situasi mudik di Jawa Barat yang kondusif tanpa bencana alam.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan situasi mudik di Provinsi Jawa Barat terpantau kondusif, serta tidak ada fenomena alam yang berpotensi menyebabkan gangguan.

Dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Sabtu (22/4/2023), tim BNPB memantau di tiga kabupaten, Subang, Bekasi dan Purwakarta, yang hasilnya diketahui pada Jumat (21/4).

Baca Juga

Pemantauan tim Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di wilayah Kabupaten Subang menyebutkan situasi lalu lintas kondusif dengan didukung kondisi cuaca cerah berawan.

"Dari hasil pemantauan di rest area Km102 dan Ciasem cuaca cerah berawan," ujar Direktur Perencanaan Rehabilitasi dan Rekonstruksi BNPB Johny Sumbung di Pos Kecamatan Ciasem, Subang.

Johny menambahkan, secara umum kondisi situasi lalu lintas di wilayah tersebut ramai lancar dan tidak ada kejadian bencana.

Beberapa instansi yang terlibat di wilayah Subang di antaranya TNI, Basarnas, dan institusi di wilayah administrasi Kabupaten Subang, seperti Polres, BPBD, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan dan Pengelola Manajemen Rest Area Km102.

Di wilayah Kabupaten Bekasi, kondisi cuaca juga tampak cerah berawan. Suasana mudik yang terpantau di Pos Gedung Juang 45, Pos Kolaborasi di PMI dan di PT IBU tampak berjalan lancar. Tidak ada kejadian bencana yang dilaporkan tim BNPB yang bertugas di kawasan tersebut.

Petugas gabungan dari instansi pemerintah daerah, TNI, Polri, organisasi non-pemerintah maupun relawan bahu membahu untuk melancarkan kegiatan mudik warga yang melintas di wilayah itu. Petugas dilengkapi dengan beberapa perlengkapan seperti mobil ambulans, motor trail dan mobil dapur umum.

Sementara itu, kondisi di Kabupaten Purwakarta tampak hujan di sore hari. Ini berdasarkan laporan tim BNPB yang bertugas di beberapa titik Kabupaten Purwakarta, seperti di Pos Kolaborasi Mudik Lebaran di pintu keluar tol Ciganea.

Namun demikian, kondisi tersebut tidak mengganggu lalu lintas di tengah mudik lebaran serta tidak ada laporan kejadian bencana alam di wilayah tersebut.

Salah satu kesiapan dalam menghadapi bahaya, khususnya kecelakaan, tim gabungan telah menyiapkan tiga rumah sakit (RS) rujukan, yaitu RS Umum Daerah Bayu Asih, RS Umum Radjak dan RS Siloam.

Selain di wilayah Provinsi Jawa Barat, tim BNPB turut memantau mudik lebaran di beberapa wilayah di DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta dan Jawa Timur. Sebelumnya BNPB juga telah menyediakan peta mudik lebaran aman bencana yang dapat digunakan para pemudik untuk kesiapsiagaan.