Sabtu 22 Apr 2023 15:01 WIB

Puluhan Ribu Warga Sholat Idul Fitri di Masjid Islamic Center NTB

Sholat Id pun dilaksanakan sampai pelataran masjid.

Ribuan umat Islam mendengarkan kutbah usai melaksanakan Sholat Idul Fitri 1443 H di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB di Mataram, NTB. Puluhan Ribu Warga Sholat Idul Fitri di Masjid Islamic Center NTB
Foto: ANTARA/Ahmad Subaidi
Ribuan umat Islam mendengarkan kutbah usai melaksanakan Sholat Idul Fitri 1443 H di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB di Mataram, NTB. Puluhan Ribu Warga Sholat Idul Fitri di Masjid Islamic Center NTB

REPUBLIKA.CO.ID, MATARAM -- Ribuan umat Islam memadati pelaksanaan sholat Idul Fitri 1444 Hijriyah di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (22/4/2023).

Jamaah yang datang melaksanakan sholat Id ke Masjid Hubbul Wathan Islamic Center berasal dari sejumlah wilayah di Kota Mataram. Karena padatnya jamaah sholat Id pun dilaksanakan sampai pelataran masjid.

Baca Juga

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Nusa Tenggara Barat (NTB) memusatkan pelaksanaan sholat Id di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center. Bertindak sebagai imam, Ustadz Awaludin dan khatib Rektor Universitas Nahdatul Wathan (NW), TGH, Lalu Abdul Muhyi Abidin dengan mengambil tema "Taqwa Sepanjang Hayat Manifestasi Edukasi Ramadhan".

Dalam ceramahnya TGH, Lalu Abdul Muhyi Abidin mengingatkan umat Islam untuk meresapi tentang ketaqwaan kepada Allah SWT. Sebab kebahagian yang hakiki hanya dapat diraih dengan jalan taqwa, yakni taat dan menjauhi segala larangannya.

Oleh karena itu, bulan Ramadhan dengan segala keutamaan dan kemuliaannya Allah SWT sebagai pusat pelatihan (training center) bagi ketaqwaan umat Islam. "Satu bulan penuh kita ditempa dengan program dan pembelajaran secara praktis dan kontinu, maka kita telah meresapi berbagai manfaat dari hasil pelatihan tersebut," ujarnya.

"Metode training dengan metode pembelajaran praktis dan kontinu dilakukan dengan tujuan agar terjadi pembiasaan dan akan terus dipraktikkan setelah training," ujarnya.

Dengan demikian, proses menuju taqwa akan terus berjalan tiada henti sepanjang hayat dengan predikat insan Muttaqin dengan iman yang sholeh, amal yang sholeh, dan akhlak yang terpuji.

Sekretaris Daerah NTB Lalu Gita Ariadi mengatakan kedatangan bulan Ramadhan 1444 Hijriah disambut dengan suka cita. Tahun 1444 Hijriyah digenapkan puasa 30 hari dengan berbagai ibadah kepada Allah SWT dan ibadah sosial dalam menjaga harmoni manusia.

"Mudah-mudahan pelaksanaan ibadah ini menghantarkan kita menjadi insan-insan muttaqin," ujarnya.

Karena itu, Sekda NTB berharap segala tempaan yang dilalui dapat meningkatkan kepatuhan segala aspek. Sehingga segala harmoni kehidupan dapatkan diterapkan dalam mengawal proses demokrasi.

"Mudah-mudahan ukhuwah islamiyah yang terbina dengan baik akan bersemi dengan baik dan subur. Dalam konteks kehidupan kita mampu menghantarkan negara ini menjadi Indonesia yang maju, wabil khusus mudah-mudahan kita mampu wujudkan NTB gemilang," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement