Wapres akan Sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Pengurus Masjid: Kami Siap

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 21 Apr 2023 12:14 WIB

Suasana Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (14/4/2023) dini hari. Wapres akan Sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Pengurus Masjid: Kami Siap Foto: Republika/Thoudy Badai Suasana Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (14/4/2023) dini hari. Wapres akan Sholat Idul Fitri di Masjid Istiqlal, Pengurus Masjid: Kami Siap

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Presiden (Wapres) KH Ma'ruf Amin dikabarkan akan melaksanakan shalat Idul Fitri di Masjid Istiqlal besok, Sabtu (22/4/2023). Kabag Umum dan SDM Masjid Istiqlal Ismail Cawidu menyebut telah mempersiapkan diri untuk hal tersebut.

"Kami siap. Pasukan pengamanan wakil presiden kemarin sudah melihat situasi. Direncanakan memang beliau (Wapres) akan hadir," ujar dia saat dihubungi Republika.co.id, Jumat(21/4/2023).

Baca Juga

Menjelang perayaan Idul Fitri 1 Syawal 1444 H, ia menyebut Istiqlal telah menyiapkan dua acara utama. Nanti malam akan digelar 'Gema Takbir Akbar Nasional'.

Acara ini dilakukan bersama Kementerian Agama (Kemenag) dan Kementerian Pariwisata (Kemenparekraf). Dalam kegiatan tersebut, akan ditayangkan video-video takbir yang dilakukan di berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Untuk keesokan hari, ia pun menyebut sholat Idul Fitri sudah dimulai pukul 07.00 WIB. Karena itu, ia mengimbau agar umat Muslim yang ingin melaksanakan sholat tiba lebih awal dan menggunakan masker.

"Karena ini sudah tidak ada PPKM, kami siapkan seluruh tempat yang bisa digunakan untuk sholat jamaah. Diperkirakan seluruh tempat ibadah akan dipenuhi jamaah," lanjut Ismail.

Selain ruang utama sholat, ia memprediksi kegiatan sholat Idul Fitri nanti juga akan penuh sampai selasar dan halaman masjid. Kurang lebih diperkirakan 200 ribu umat Muslim akan memenuhi masjid tersebut.

Untuk pelaksanaan sholat Idul Fitri nanti, yang bertindak sebagai khatib pada Salat Idul Fitri nanti adalah Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Asep Saepudin Jahar. Sementara imam sholat adalah Ahmad Muzakir Abdurrahman.

Tidak hanya itu, Ismail juga menyediakan lift dan tempat wudhu khusus bagi difabel. Tempat wudu khusus difabel terletak di dekat pintu utama Al Fattah, sedangkan lift khusus difabel terletak di antara pintu Al Fattah dan Al Quddus.

Terpopuler