Tujuh Sunnah yang Dilakukan Nabi Muhammad Saat Idul Fitri

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 21 Apr 2023 02:25 WIB

Ilustrasi Idul Fitri. Tujuh Sunnah yang Dilakukan Nabi Muhammad Saat Idul Fitri Foto: MGROL100 Ilustrasi Idul Fitri. Tujuh Sunnah yang Dilakukan Nabi Muhammad Saat Idul Fitri

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketika Idul Fitri tiba, umat Islam akan beramai-ramai mendatangi masjid dan lapangan untuk sholat sunnah Id. Sebelum beranjak dari rumah, Rasulullah menganjurkan beberapa sunnah yang dapat dilakukan untuk persiapan sholat Id.

Mengutip buku Idul Fitri dalam Alquran, Ahmad Sarwat menjelaskan sunnah yang dilakukan Rasulullah sebagai berikut.

Baca Juga

Sunnah yang Dilakukan Nabi Muhammad Saat Idul Fitri

1. Mandi

Disunnahkan untuk mandi sebelum berangkat ke tempat sholat Idul Fitri. Dasarnya adalah atsar yang dilakukan oleh Umar radhiyallahuanhu.

أَنَّ عَبْدَ اللهِ بْنَ عُمَرَ كَانَ يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْفِطْرِ قَبْلَ أَنْ يَعْدُوَ إِلَى الْمُصَلَّى

Bahwa Abdullah Ibnu Umar ibnul Khattab radhiyallahuanhu mandi pada hari raya fithri sebelum berangkat shalat.

Dasar ini memang tidak langsung dari Rasulullah SAW, namun dari praktek shahabat Nabi. Namun Al-Imam An-Nawawi rahimahullah mengomentari bahwa atsar di atas adalah atsar yang shahih, sebagaimana tercantum dalam kitab beliau, Al-Majmu' Syarah Al-Muhadzdzab.

Sedangkan hadits yang menyebutkan bahwa Rasulullah SAW mandi pada dua hari raya, oleh sebagian ulama dikatakan sebagai hadits yang lemah.

عَنِ ابْنِ عَباسِ ، قَالَ : كَانَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ يَغْتَسِلُ يَوْمَ الْفِطْرِ وَيَوْمَ الأَضْحَى

Dari Ibnu Abbas radhiyallahu anhu berkata bahwa Rasulullah SAW mandi pada hari Idul Fithri dan Idul Adha. (HR. Ibnu Hibban)

Di antara yang mendhaifkan hadits di atas adalah Al-Albani.

2. Memakai parfum

Disunnahkan bagi yang melakukan sholat Id untuk memakai parfum dan wewangian. Salah satu hikmah karena akan bertemu dengan khalayak banyak dalam kesempatan itu.