Warga Arab Saudi Kini Bisa Bayar Zakat Fitrah Secara Online

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 21 Apr 2023 11:05 WIB

Perayaan Idul Fitri di Arab Saudi. Warga Arab Saudi Kini Bisa Bayar Zakat Fitrah Secara Online Foto: arab news Perayaan Idul Fitri di Arab Saudi. Warga Arab Saudi Kini Bisa Bayar Zakat Fitrah Secara Online

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Setelah pemerintah Arab Saudi memutuskan Idul Fitri jatuh pada Jumat (21/4/2023), umat Islam bergegas memberikan zakat fitrah sebelum berakhirnya Ramadhan. Zakat fitrah merupakan zakat yang wajib dikeluarkan seorang Muslim sebelum mereka melaksanakan sholat Idul Fitri.

 

Baca Juga

Zakat fitrah dibayarkan atas nama setiap anggota keluarga. Ini adalah jumlah tetap yang ditentukan oleh ulama dan biasanya dibayarkan dalam bentuk gandum atau beras. Zakat fitrah dimaksudkan untuk membersihkan harta kita dan juga agar masyarakat miskin tetap ikut berbahagia di hari lebaran karena memiliki bahan makanan yang bisa disantap di hari lebaran.

 

Sebelum Covid-19, zakat fitrah dikumpulkan melalui stan yang didirikan di tempat umum seperti mal, masjid, dan kantor amal. Saat ini, zakat fitrah juga dapat dibayar secara online melalui platform yang kredibel seperti Zakaty, atau organisasi lain sehingga nyaman bagi keluarga untuk membayar zakat tepat waktu.

 

Konsultan Dewan Kerajaan dan anggota Dewan Cendekiawan Senior Sheikh Abdullah Al-Mutlaq, mendesak para donor untuk menggunakan Zakaty untuk membayar zakat fitrah. Ahmed Al-Omari (49 tahun) mengatakan dia biasa menyumbangkan zakat fitrah melalui badan amal, tetapi sejak 2020, telah menggunakan platform terakreditasi itu.

“Berdonasi secara elektronik adalah hal yang benar untuk dilakukan karena memastikan donasi Anda diberikan kepada orang yang tepat,” kata Al-Omari, dilansir dari Arab News, Jumat (21/4/2023).

 

Hamid Al-Attawi, seorang karyawan sektor swasta, memuji layanan dan platform sebagai mudah digunakan, dapat dipercaya dan akurat dalam memberikan zakat. "Layanan digital yang disediakan baik oleh pemerintah atau badan amal terkenal membuat saya dan orang lain memastikan zakat diberikan kepada orang-orang yang memenuhi syarat di bawah pengawasan pemerintah," katanya.

 

Penduduk Suriah Abdul Latif Farahan mengatakan melakukan zakat fitrah membutuhkan banyak usaha di masa lalu, karena orang perlu melakukan perjalanan ke pasar, membeli zakat, dan kemudian mendistribusikannya. Tapi sekarang, prosesnya bisa selesai hanya dalam dua menit.

 

“Ini adalah tahun pertama saya menyumbangkan zakat fitrah saya melalui platform elektronik. Saya benar-benar merasa aman, andal, dan lebih mudah daripada cara lain,” katanya.

 

Kementerian Urusan Islam telah mendirikan konter amal di tempat-tempat umum untuk memungkinkan umat Islam memberikan amal mereka selama hari-hari terakhir Ramadhan. Konter amal dapat ditemukan di seluruh Kerajaan di semua mal besar, pasar umum, dan lokasi populer.