Polresta Tangerang Amankan Lokasi Wisata Selama Libur Lebaran

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Bilal Ramadhan

Jumat 21 Apr 2023 07:18 WIB

Sejumlah pengunjung bermain Rock and Rope di BSD Xtreme Park, Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten. Polresta Tangerang mengamankan lokasi wisata di wilayah itu selama libur lebaran. Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal Sejumlah pengunjung bermain Rock and Rope di BSD Xtreme Park, Serpong, Kabupaten Tangerang, Banten. Polresta Tangerang mengamankan lokasi wisata di wilayah itu selama libur lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Jajaran Polresta Tangerang akan memberikan pengamanan di tempat wisata sekitar Kabupaten Tangerang, Banten, selama libur lebaran 2023. Tempat yang diamankan di antaranya wisata di pantai seperti Pantai Pulau Cangkirdan Pantai Tanjung Kait.

"Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tentu saja akan ada pengamanan di lokasi wisata. Langkah ini untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat," kata Kepala Polresta Tangerang Kombes Pol Sigit Dany Setiyono kepada Republika, Kamis (20/4/2023).

Baca Juga

Ia menyebutkan beberapa obyek wisata di wilayah hukum Polresta Tangerang di antaranya Pantai Pulau Cangkir, Pantai Tanjung Kait, Pantai Shangrilla, Ketapang Urban Aquaculture Ecowisata Mangrove, Guler Farm Nature, Wisata Keramat Solear, Taman Cicido, dan Word Of Wonders Citra Raya. 

Sigit menjelaskan, di lokasi wisata nantinya akan ada pengamanan terbuka dan tertutup. Juga akan ada petugas yang patroli di lokasi wisata untuk menjamin keamanan sekaligus memberikan imbauan agar masyarakat yang berlibur senantiasa waspada dan berhati-hati.

Pengamanan di obyek wisata juga dilakukan oleh pengamanan internal atau petugas keamanan setempat. Kemudian, personel dari Polri, TNI, kemudian bersama Satpol PP, dan Dinas Perhubungan, kelompok masyarakat yang diberdayakan seperti Senkom Polri, Pokdar Kamtibmas, Saka Bhayangkara, dan elemen masyarakat lain ikut membantu pengamanan.

Ia menambahkan, penempatan personel pada hari Raya Idul Fitri tidak hanya di lokasi wisata, melainkan juga di titik keramaian lain seperti pusat perbelanjaan, mal, dan lain sebagainya.

"Prinsipnya, Polresta Tangerang senantiasa siaga untuk memberikan rasa aman masyarakat dengan melakukan skema pengamanan meliputi pengamanan orang, benda, dan tempat," ujar Sigit.

Sigit menambahkan, pengamanan akan dilakukan mengikuti jadwal Operasi Ketupat Jaya 2023. Di lain pihak, Polri mengimbau kepada pengelola untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan juga masyarakat untuk mengutamakan keselamatan, mempersiapkan diri, kendaraan, dan barang bawaan saat berwisata dengan informasi yang diberikan oleh pihak Polri maupun pengelola lokasi wisata.