Polisi Naik Sepeda Pantau Pemudik di Tol Tangerang-Merak

Rep: RR Laeny Sulistyawati/ Red: Bilal Ramadhan

Kamis 20 Apr 2023 08:18 WIB

Sejumlah kendaraan mengantre sebelum memasuki gerbang Tol Cikupa, Tangerang, Banten. Jajaran Polres Tangerang Kota menggunakan sepeda untuk memantau pemudik di Tol Merak. Foto: ANTARA/Akbar Nugroho Gumay Sejumlah kendaraan mengantre sebelum memasuki gerbang Tol Cikupa, Tangerang, Banten. Jajaran Polres Tangerang Kota menggunakan sepeda untuk memantau pemudik di Tol Merak.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Terdapat pemandangan tidak biasa di tengah ramainya arus mudik lebaran 2023/1444 hijriah di rest Area KM 13,5 Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Banten. Sejumlah polisi berseragam lengkap menggunakan sepeda setiap 1 jam sekali untuk memantau situasi di rest area arah Tangerang-Merak, Banten itu.

Para polisi lengkap dengan atribut pengamanan tersebut juga mendatangi para pemobil yang diketahui akan melakukan mudik lebaran 2023. 

Baca Juga

"Patroli sepeda ini untuk menjangkau para pengguna kendaraan agar senantiasa berhati-hati dalam perjalanan, istirahat jika mengantuk, lalu waspada terhadap tindak kejahatan jalanan," kata Kepala Polres Metro Tangerang Kota Kombes Pol Zain Dwi Nugroho ditemui wartawan saat melakukan pengecekan pos pam di berbagai titik lokasi di Kota Tangerang. Kamis (19/4/2023).

Ia menambahkan, patroli sepeda kali ini difokuskan mengantisipasi pecah kaca maupun pelaku hipnotis di rest area baik di KM 13,5 arah Tangerang-Merak maupun arah sebaliknya yakni Rest area KM 14 Tangerang-Jakarta.

"Patroli dilaksanakan personil secara humanis, tujuannya untuk saling mengingatkan dan menciptakan mudik lebaran 2023 tahun ini aman, nyaman dan berkesan," ujar Zain.

Ia menambahkan, patroli sepeda ini adalah salah satu upaya kami (polisi) dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama operasi ketupat jaya 2023.

Terpopuler