Agar Puasa dan Mudik Tetap Lancar, Ini Kiatnya

Red: Friska Yolandha

Rabu 19 Apr 2023 12:25 WIB

Pemudik berbuka puasa dengan bantuan penerangan senter dari telepon genggam saat beristirahat di Rest Area Sementara 81A Tol Cipali arah Palimanan, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023). Keberadaan Rest Area Sementara itu untuk memecah kepadatan pemudik di Rest Area yang ada di jalur Tol Cipali. Nantinya, Rest Area Sementara itu akan dibangun secara permanen menjadi Rest Area dengan kategori Grade A. Foto:

1

Pilih keberangkatan di malam hari

Jika perjalanan berlangsung cukup panjang, orang-orang disarankan melakukannya di malam hari. Perjalanan di malam hari memungkinkan mereka untuk bisa beristirahat secara optimal. Ditambah lagi, orang-orang bebas makan dan minum selama perjalanan sehingga puasa tidak akan terganggu.

Gunakan pakaian yang nyaman

Saat mudik, gunakanlah pakaian yang nyaman, jangan menggunakan pakaian yang terlalu tebal dan panas. Gunakan pakaian yang sedikit longgar agar tubuh bisa bergerak bebas. Pastikan juga membawa jaket atau selimut untuk mengatasi hawa dingin di dalam transportasi mudik.

Isi penuh daya baterai ponsel

Sebelum mudik, pastikan untuk mengisi daya baterai ponsel hingga penuh agar memudahkan berkomunikasi selama perjalanan. Gunakan ponsel untuk hal yang penting saja agar baterai lebih hemat.

Bawa camilan dan makanan cadangan

Jika perjalanan yang akan ditempuh diperkirakan bertemu dengan waktu buka atau sahur, pastikan untuk membawa makanan cadangan dan camilan. Apalagi, jika mudik dilakukan bersama dengan anak-anak. Camilan dan makanan cadangan ini wajib tersedia, terutama jika ternyata para pemudik terpaksa harus membatalkan puasa karena situasi mudik yang berat.

Istirahat yang cukup

 

Sebelum berangkat mudik, sebaiknya orang-orang menjaga kesehatan agar tetap bugar selama dan setelah di perjalanan yaitu dengan tidur dan makan dengan cukup.

Terpopuler