INKA Berangkatkan Peserta Mudik Gratis Lebaran 2023

Red: Fuji Pratiwi

Selasa 18 Apr 2023 19:03 WIB

Logo BUMN (ilustrasi). PT INKA (Persero) memberangkatkan peserta mudik gratis Lebaran 2023 sebanyak 160 orang dengan tiga rute melalui program Foto: ANTARA /Aprillio Akbar Logo BUMN (ilustrasi). PT INKA (Persero) memberangkatkan peserta mudik gratis Lebaran 2023 sebanyak 160 orang dengan tiga rute melalui program "Mudik Bersama BUMN".

REPUBLIKA.CO.ID, MADIUN -- PT INKA (Persero) memberangkatkan peserta mudik gratis Lebaran 2023 sebanyak 160 orang dengan tiga rute melalui program "Mudik Bersama BUMN".

Senior Manager TJSL dan Stakeholder Relationship PT INKA (Persero) Bambang Ramadhiarto mengatakan, pemberangkatan dimulai dari Perum DAMRI di Surabaya menuju ke arah Situbondo-Banyuwangi, Jember-Banyuwangi, dan Madiun-Ponorogo. Kegiatan ini merupakan program dari Kementerian BUMN yakni Mudik Bersama BUMN.

Baca Juga

Pada hari ini juga dilakukan pemberangkatan peserta mudik gratis di Gelora Bung Karno, Jakarta. "Dengan adanya mudik gratis ini diharapkan dapat membantu para masyarakat pulang ke kampung halamannya," ujar Bambang dalam keterangannya di Madiun, Jawa Timur, Selasa (18/4/2023).

Selain membantu masyarakat pulang kampung, kegiatan mudik gratis tersebut bertujun untuk mengurangi kemacetan di jalan raya dibandingkan menggunakan kendaraan pribadi.

Ia menambahkan berkumpul bersama keluarga di kampung halaman pada momentum Lebaran tentunya sudah sangat dinantikan. Sebab, dalam beberapa tahun kegiatan mudik dilarang akibat pandemi Covid-19.

Karenanya, program Mudik Bersama BUMN kali ini, juga merupakan kegiatan sosial INKA kepada masyarakat yang hendak melaksanakan mudik ke kampung halamannya. Bambang menambahkan selain mudik gratis, di bulan Ramadhan 2023 PT INKA (Persero) juga menyelenggarakan kegiatan berbagi dengan masyarakat seperti program pemberian sembako untuk warga sekitar PT INKA (Persero) di Banyuwangi dan Madiun serta pemberian santunan serta pelatihan kerajinan tangan ke panti asuhan di area Madiun.

"INKA juga memberikan bantuan meliputi takjil dan paket buka bersama kepada warga sekitar INKA di Banyuwangi. Dan untuk meningkatkan produktivitas, kita juga memberikan pelatihan membuat souvenir untuk anak-anak panti asuhan. Dengan begitu manfaat yang dirasakan tidak hanya materi tapi juga skill," kata Bambang.