Selasa 18 Apr 2023 19:01 WIB

Lelah di Jalur Gentong, Pemudik Bisa Istirahat di Pos Terpadu

Di Pos Terpadu Jalur Gentong ada berbagai fasilitas yang bisa dimanfaatkan pemudik.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Pos Terpadu Leter U di jalur Gentong wilayah Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023).
Foto: Republika/Bayu Adji P.
Pos Terpadu Leter U di jalur Gentong wilayah Kecamatan Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (18/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA — Pemudik yang melintasi jalur Gentong, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, bisa memanfaatkan tempat istirahat sementara yang tersedia di sana. Salah satunya Pos Terpadu Leter U Jalur Gentong.

Selain tempat istirahat, ada sejumlah fasilitas lain di Pos Terpadu Leter U Jalur Gentong, seperti tempat bermain untuk anak dan ruang menyusui. Di pos tersebut juga disiagakan tim kesehatan.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tasikmalaya Kota AKP Tejo Reno Indratno mengimbau pemudik memanfaatkan area tempat istirahat itu, apalagi jika kondisi tubuh sudah lelah.

“Apabila pengendara lelah, jangan dipaksakan. Segera istirahat di pos yang telah disiapkan,” ujar Tejo, Selasa (18/4/2023).

Jalur Gentong merupakan salah satu lintasan pemudik yang biasanya selalu ramai saat momen Lebaran setiap tahunnya. Jalur tersebut biasa menjadi pilihan pemudik untuk mengarah ke Tasikmalaya, Ciamis, Banjar, Pangandaran, hingga daerah bagian selatan Jawa Tengah.

Tejo menjelaskan, jalur Gentong memiliki medan berkelok, disertai banyak tanjakan dan turunan. Jalur itu juga disebut bisa menjadi titik lelah bagi pengguna kendaraan dari arah Bandung maupun Ciamis.

Karena itu, Tejo mengingatkan pemudik yang hendak melintasi jalur Gentong benar-benar dalam kondisi fisik yang siap. Begitu juga kondisi kendaraannya.

Jika pemudik sudah dalam kondisi lelah, diminta tidak memaksakan diri melanjutkan perjalanan.

Kepala Polres (Kapolres) Tasikmalaya Kota AKBP Sy Zainal Abidin menyarankan pemudik yang melintasi jalur selatan Jawa Barat untuk secara berkala beristirahat sementara, setiap empat jam sekali.

“Kami siapkan empat rest area di sepanjang jalur utama (Gentong-Karang Resik). Dua di polsek, dua lainnya dibuat pos. Itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk beristirahat,” ujar Kapolres.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement