Resep Puding Roti Kurma Kismis, Cocok dan Simpel Banget untuk Berbuka Puasa

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda

Senin 17 Apr 2023 16:10 WIB

Puding roti. Kurma dan kismis dapat dijadikan campuran yang enak untuk puding roti. Foto: Honesty Rasyid Puding roti. Kurma dan kismis dapat dijadikan campuran yang enak untuk puding roti.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kurma merupakan salah satu menu berbuka puasa yang sangat populer di bulan suci Ramadhan. Selain bisa dinikmati secara langsung, kurma juga dapat diolah menjadi beragam hidangan berbuka puasa yang menggugah selera.

Selain karena disunnahkan, popularitas kurma sebagai menu berbuka juga tak lepas dari khasiatnya bagi kesehatan. Seperti dilansir Seeds, kurma merupakan buah yang manis dan juga kaya serat.

Baca Juga

Kandungan serat yang tinggi ini menjadikan kurma sebagai buah dengan indeks glikemik yang rendah. Artinya, konsumsi kurma tak menyebabkan terjadinya lonjakan kadar gula darah yang cepat.

Kurma juga memiliki kandungan asam lemak tak jenuh yang tinggi. Selain itu, kurma dikenal kaya akan kandungan zat besi serta kalsium yang bisa membantu menunjang kesehatan tulang.

"Lebih lanjut, selenium yang dimiliki kurma memiliki sifat menyembuhkan kanker dan merupakan mikronutrien yang penting untuk meningkatkan imunitas tubuh," jelas ahli gizi integratif Payal Kothari, dikutip dari Vogue.

Bika ingin menikmati kurma dengan cara yang berbeda saat berbuka puasa, puding roti kurma kismis bisa menjadi pilihan. Satu porsi puding roti kurma kismis mengandung 290 kalori, 14 gram lemak, 33 gram karbohidrat, serta 8 gram protein.

Proses persiapan untuk membuat resep ini membutuhkan waktu sekitar 15 menit, dan untuk memanggangnya membutuhkan waktu 55 menit. Berikut ini adalah resep puding roti kurma kismis untuk 12 porsi, seperti dilansir Taste of Home.

Bahan puding roti kurma kismis

- 4 cangkir susu full cream

- 5 cangkir roti tawar yang sudah dipotong dadu

- 1 cangkir gula pasir

- 8 telur ayam besar bersuhu ruang, kocok rata

-  1/2 cangkir mentega leleh

-  1/4 cangkir kurma tanpa biji yang sudah dipotong-potong

-  1/4 cangkir kismis

- 1 sdt ekstrak vanilla

- 1/2 sdt kayu manis bubuk

- Sejumput garam

- Sejumput pala bubuk

- Opsional: Tambahan gula, kayu manis dan pala serta whipped cream