Ramadhan Menggembirakan, NU Care-LAZISNU Salurkan Ribuan Paket Makanan untuk Duafa

Red: Agung Sasongko

Senin 17 Apr 2023 15:35 WIB

NU Care-LAZISNU menyalurkan paket makanan siap santap sebagai realisasi salah satu dari program Ramadhan Menggembirakan. Foto: Do NU Care-Lazisnu NU Care-LAZISNU menyalurkan paket makanan siap santap sebagai realisasi salah satu dari program Ramadhan Menggembirakan.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA --NU Care-LAZISNU menyalurkan paket makanan siap santap sebagai realisasi salah satu dari program Ramadhan Menggembirakan. Penyaluran paket makanan siap santap untuk berbuka puasa bagi fakir miskin dan kaum duafa, di antaranya berlangsung pada Jumat (14/04/2023) di Jalan Dempo, Menteng, Jakarta Pusat.

Sebanyak 300 paket dibagikan pada kegiatan yang bekerja sama dengan platform marketplace Tokopedia dalam program penghimpunan fidyah.

Baca Juga

Manajer Pendistribusian NU Care-LAZISNU PBNU, Dewi Rochmawati menjelaskan bahwa program pendistribusian fidyah ini dilakukan di banyak tempat.

“Selain warga di bilangan Jakarta Pusat, LAZISNU PBNU juga membagikan 5.900 paket makanan siap santap untuk fakir miskin dan kaum duafa di wilayah Jabodetabek,” kata Dewi.

Tak hanya fakir miskin dan kaum duafa, fidyah ini juga diperuntukkan bagi warga terdampak bencana, seperti di wilayah Plumpang Jakarta Utara yang belum lama mengalami musibah kebakaran Depo Pertamina.

“Dalam suatu kesempatan, LAZISNU PBNU juga menggandeng PP Fatayat NU untuk turut berpartipasi dalam pendistribusian fidyah ini,” imbuh Dewi.

Terkait program Ramadhan Menggembirakan yang menjadi tagline dan semangat yang diusung NU Care-LAZISNU di Ramadhan 1444 H ini, Ketua LAZISNU PBNU Habib Ali Hasan Al Bahar mengatakan bulan Ramadhan selalu dinantikan oleh umat Islam. Sebab, menurutnya, bulan ini adalah kawah candradimuka spiritualitas seorang Muslim untuk mendapatkan predikat yang istimewa dan paripurna, yaitu Muslim yang bertakwa.

Semarak Ramadhan menggerakkan setiap Muslim untuk berlomba-lomba menjadikan bulan ini sebagai ladang amal ibadah untuk memperbanyak bekal perjalanan menuju kehidupan akhirat yang abadi.

“Bulan yang istimewa ini merupakan bulan investasi pahala, berlimpah berkah, rahmat dan pengampunan. Oleh karena itu, setiap Muslim akan memanfaatkannya semaksimal mungkin dengan cara meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah serta kegiatan yang bernilai pahala,” ucap Habib Ali Hasan.

Penyaluran program Ramadhan Menggembirakan tidak hanya dilakukan oleh NU Care-LAZISNU di tingkat pusat. LAZISNU di berbagai daerah dari tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, hingga desa juga aktif dalam program ini. Bukan hanya pembagian makanan siap santap, bentuk bantuannya pun beragam. Selain makanan siap santap dan sembako, ada juga santuan berupa uang tunai, peralatan ibadah, peralata sekolah bagi siswa dan santri, serta bantuan untuk difabel.