Yang Perlu Dilakukan Muslim di 10 Hari Terakhir Ramadhan

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

Ahad 16 Apr 2023 20:00 WIB

itikaf ramadhan di 10 hari terakhir (ilustrasi) Foto: ANTARA itikaf ramadhan di 10 hari terakhir (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Pada akhir-akhir Ramadhan, umat Islam sudah seharusnya semakin menyibukkan diri dengan ibadah. Sebab Ramadhan segera berlalu, di mana bulan yang istimewa ini hanya datang setahun sekali.

Lantas apa saja yang perlu dilakukan seorang Muslim di 10 hari terakhir Ramadhan? Dilansir di Islam Online, Ahad (16/4/2023), malam Lailatul Qadar kerap disebut sebagai malam yang istimewa. Setiap perbuatan yang dilakukan pada malam ini seperti membaca Alquran, mengingat Allah, dan lainnya akan lebih baik daripada amal selama seribu bulan yang tidak termasuk malam Lailatul Qadar.

Baca Juga

Rasulullah SAW biasa melakukan ibadah yang lebih khusyuk selama sepuluh malam terakhir lebih dari waktu lainnya. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Barangsiapa yang berdoa pada malam Lailatul Qada+r dengan iman dan mengharapkan pahala, semua dosanya yang lalu akan diampuni.” (HR Bukhari dan Muslim dari riwayat Abu Hurairah).

Berikut adalah beberapa tips yang dapat umat Islam lakukan pada 10 hari terakhir Ramadhan:

Pertama, berlibur untuk Allah. Di 10 hari terakhir Ramadhan, umat Islam sebaiknya beristirahat dari pekerjaan, aktivitas, atau semua kesibukan duniawi yang tidak mendesak. Mengapa tidak berfokus untuk menyembah dan berterima kasih kepada Sang Pencipta? Jika hal ini tidak memungkinkan, setidaknya ambil cuti beberapa hari jika dimungkinkan. Hal ini dapat memudahkan seorang Muslim untuk tetap terjaga di malam hari untuk melakukan ibadah tambahan, tanpa harus khawatir untuk bekerja keesokan harinya. Ini juga akan memudahkan iktikaf.

Sebab iktikaf Itu adalah kebiasaan Nabi yang kerap menghabiskan sepuluh hari dan malam terakhir Ramadhan di masjid untuk iktikaf. Dalam iktikaf, seseorang melakukan retret spiritual di masjid sepanjang waktu, melakukan berbagai bentuk zikir (mengingat Allah), seperti melakukan shalat tambahan, membaca dan mempelajari Alquran. Seseorang tidak keluar masjid kecuali dalam keadaan darurat. Iktikaf dengan waktu yang lebih singkat, seperti satu malam, sehari atau beberapa hari juga dianjurkan.

Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan Sayyidah Aisyah, dia berkata, "Aku bertanya kepada Rasulullah: 'Wahai Rasulullah, jika aku tahu malam apa itu malam Lailatul Qadar, +apa yang harus aku katakan selama itu?' Dia berkata: 'Katakanlah: Ya Allah, Engkau Maha Pemaaf dan Engkau suka memberi maaf, maka maafkanlah aku.'” (HR. Ahmad, Ibnu Majah, dan Tirmidzi).

Kedua, membaca Alquran. Mungkin seseorang dapat memilih Surah atau bagian dari Alquran yang telah didengarnya di Tarawih Ramadhan yang lalu untuk dibaca. Saat menghadiri kelas pengajian Alquran, ini adalah waktu yang tepat untuk mempraktikkan ilmunya.

Ketiga, momentum menghapuskan dosa. Dalam sebuah hadis dari Abu Hurairah yang mengutip perkataan Rasulullah SAW, "Barang siapa berdiri (dalam shalat) di Lailatul Qadar sambil memelihara keimanannya dengan evaluasi diri, mengharapkan pahala dari Allah, maka semua dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR Bukhari dan Muslim).

Keempat, evaluasi diri. Seorang Muslim sudah seyogyanya menanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan yang perlu ditanyakan. Melakukan evaluasi di mana seseorang berada dan ke mana akan pergi menjadi penting. Biarlah evaluasi ini membawa setiap diri merasakan kebahagiaan atas kebaikan yang telah dilakukan dan penyesalan atas keburukan yang telah dilakukan. Perasaan terakhir ini seharusnya memudahkan untuk mencari pengampunan Allah yang tulus ketika memohon kepada Allah dan berdoa kepada-Nya di malam-malam yang diberkati ini.

Kelima, doa yang panjang, tulus dan mendalam. Salah satu waktu terbaik untuk melakukan ini adalah pada bagian terakhir malam. Abu Hurairah mengutip perkataan Nabi yamg mengatakan, "Ketika sepertiga malam terakhir tersisa, Tuhan kita Allah SWT turun ke langit yang lebih rendah dan menyatakan: Apakah ada orang yang berdoa kepada-Ku, jadi bahwa saya mengabulkan doanya? Apakah ada orang yang memohon sesuatu kepada-Ku agar Aku mengabulkan keinginannya? Adakah orang yang memohon ampunan-Ku, agar Aku ampuni dia?” (HR Bukhari, Muslim).

Sehingga ini berarti misalnya, bangun satu jam sebelum waktu sahur untuk berdoa kepada Allah untuk apa saja dan segala sesuatu adalah sesuatu yang dianjurkan. Ini dapat dilakukan dengan menggunakan permohonan yang dicatat dalam Sunnah, tetapi seseorang juga diperbolehkan untuk mengucapkan doa dalam bahasanya sendiri, dengan ketulusan dan keyakinan.

Keenam, buka puasa bersama keluarga. Jika seseorang menghabiskan waktu berbuka puasa pada hari kerja di bilik di tempat kerja sendirian dengan beberapa kolega, sekarang adalah beberapa hari terakhir seorang Muslim memiliki Ramadhan ini untuk dihabiskan bersama keluarga. Maka gunakanlah dengan bijak.

Ketujuh, mengajak keluarga untuk Tarawih berjamaag. Apakah pasangan dan anak-anak Anda melewatkan sebagian besar Ramadan karena Anda tidak mengantar mereka ke masjid, yang jaraknya terlalu jauh untuk ditempuh dengan berjalan kaki? Jika demikian, bantulah diri Anda sendiri dan bawa semua orang untuk Tarawih dalam sepuluh malam terakhir ini.

Kedelapan, menghadiri doa setelah selesai membaca Alquran. Hampir semua masjid di mana Imam bertujuan untuk menyelesaikan seluruh bacaan Alquran dalam shalat Tarawih di bulan Ramadhan sekarang akan mendekati akhir tugas dalam sepuluh malam terakhir ini. Mereka mungkin mencoba untuk mengakhiri pada salah satu malam ganjil dan membaca doa di akhir membaca Al-Qur'an.

Hadiri sholat Tarawih malam ini bersama keluarga Anda. Lihat apakah Anda dapat menghadiri sholat tarawih masjid yang berbeda pada malam mereka selesai membaca Al-Qur'an.

Kesembilan, membaca buku tentang Nabi. Baca tentang kehidupan Nabi, yang dapat meningkatkan kecintaan Anda padanya dan Islam dengan melihat betapa dia berjuang demi Allah. Ini mungkin menginspirasi Anda untuk mendorong diri Anda lebih keras selama sepuluh malam terakhir ini.

Semua ini hanyalah beberapa petunjuk tentang apa yang direkomendasikan bagi seorang Muslim untuk dilakukan selama sepuluh malam terakhir Ramadhan. Semoga Allah SWT menerima ibadah setiap umat Islam pada Ramadhan kali ini.