Kapal Penyeberangan Jepara-Karimunjawa Tetap Beroperasi Selama Lebaran

Red: Fuji Pratiwi

Sabtu 15 Apr 2023 23:48 WIB

Wisatawan berjalan di dermaga pelabuhan kapal penumpang usai tiba di Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Selasa (24/7). Kapal motor penumpang yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan Jepara, Jawa Tengah, menuju Pulau Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara tetap beroperasi dalam menyambut mudik Lebaran, termasuk saat libur Lebaran. Foto: Antara/Aji Styawan Wisatawan berjalan di dermaga pelabuhan kapal penumpang usai tiba di Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Selasa (24/7). Kapal motor penumpang yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan Jepara, Jawa Tengah, menuju Pulau Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara tetap beroperasi dalam menyambut mudik Lebaran, termasuk saat libur Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JEPARA -- Kapal motor penumpang yang melayani penyeberangan dari Pelabuhan Jepara, Jawa Tengah, menuju Pulau Karimunjawa, Kecamatan Karimunjawa, Kabupaten Jepara tetap beroperasi dalam menyambut mudik Lebaran, termasuk saat libur Lebaran.

"Sesuai jadwal, saat libur Lebaran kapal penyeberangan dari Jepara ke Karimunjawa tetap beroperasi," kata Kepala Bidang Perhubungan Laut Dinas Perhubungan Kabupaten Jepara Suroto di Jepara, Sabtu (15/4/2023).

Baca Juga

Bahkan, kata dia, nantinya terdapat tiga kapal penumpang yang siap beroperasi, yakni Kapal Motor Penumpang (KMP) Siginjai dan dua unit KMP Express Bahari.

Keberangkatan tiga kapal penumpang tersebut, kata dia, nantinya tetap menunggu ketinggian gelombang di laut. Ketika aman tentunya akan beroperasi, sebaliknya ketika terjadi gelombang tinggi tentunya mengutamakan keselamatan penumpang.

Sejauh ini, imbuh dia, cuaca di perairan Laut Jepara cukup aman untuk aktivitas melaut sehingga dimungkinkan saat libur Lebaran hingga Hari Lebaran juga aman untuk melaut. "Gelombang tinggi biasanya saat musim baratan antara bulan Desember, Januari, dan Februari. Karena saat ini sudah memasuki bulan April dimungkinkan cuaca aman karena hari ini (15/4) cuaca di laut juga aman," ujarnya.

Ia memperkirakan jumlah penumpang tentu banyak karena dua tahun tidak diperbolehkan mudik, menyusul pandemi Covid-19, sedangkan kapasitas tiga kapal tersebut dinilai cukup karenaKMP Siginjai mencapai 260 penumpang sedangkan KMP Express Bahari berkapasitas 400 dan 300 penumpang. "Sedangkan tahun ini kondisinya sudah mulai landai dan pemerintah juga sudah mencabut pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) sehingga masyarakat tentunya akan memanfaatkan kapal penumpang yang tetap beroperasi selama libur Lebaran," ujarnya.