Bandara Samarinda Perkirakan Puncak Arus Mudik 19 April 2023

Red: Fuji Pratiwi

Sabtu 15 Apr 2023 23:25 WIB

Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Samarinda, Kalimantan Timur. Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda memperkirakan puncak arus mudik penumpang berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, dimulai sekitar tiga hari sebelum lebaran, atau lebih tepatnya 19 April 2023. Foto: Republika/ Wihdan Bandara Aji Pangeran Tumenggung Pranoto, Samarinda, Kalimantan Timur. Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda memperkirakan puncak arus mudik penumpang berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, dimulai sekitar tiga hari sebelum lebaran, atau lebih tepatnya 19 April 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARINDA -- Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) APT Pranoto Samarinda memperkirakan puncak arus mudik penumpang berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, dimulai sekitar tiga hari sebelum lebaran, atau lebih tepatnya 19 April 2023.

"Seperti pengalaman tahun-tahun sebelumnya, puncak arus mudik penumpang di Bandara APT Pranoto Samarinda terjadi mulai pertama cuti bersama, dan tahun ini puncaknya diperkirakan dari tanggal 19 April," ujar Kepala Seksi Teknik dan Operasi UPBU APT Pranoto Samarinda Dwi Muji di Samarinda, Sabtu (15/4/2023).

Baca Juga

Kata Dwi, pada 2022 lalu, puncak arus mudik di Bandara Samarinda terjadi pada tiga hari sebelum Idul Fitri 1443 Hijriah hingga rentang 30 April-1 Mei.

Lanjutnya, untuk saat ini pergerakan penumpang rata-rata 1.700 orang melalui Bandara Samarinda, dengan kenaikan per harinya sekitar lima persen dibanding hari kemarin.

"Peningkatan arus mudik terbanyak diperkirakan pada hari Rabu (19/4/2023), disebabkan tepat dimulainya tanggal cuti bersama yang sudah ditetapkan pemerintah," ucap Dwi.

Ia menyampaikan, pada Sabtu ini, diperkirakan pergerakan penumpang pesawat sebanyak 2.500 orang, baik itu penumpang yang berangkat mau pun yang tiba di bandara Samarinda. 

Ditambahkannya, memang ada pengajuan jadwal penerbangan tambahan untuk rute yang berbeda, sementara ini hanya ada dari Maskapai Super Air Jet tujuan ke Surabaya. Untuk yang lain masih menunggu info lebih lanjut.

Dwi menerangkan maskapai yang tersedia dalam pengangkutan penumpang pada arus mudik di Bandara APT Pranoto Samarinda, antara lain Batik Air, Lion Air, Super Air Jet, Wing Air, dan Citilink.

"Kepada masyarakat Kaltim yang ingin bepergian, agar mempersiapkan tiket yang dibeli di tempat resmi agar tidak terjadi penipuan tiket palsu, kemudian sudah vaksinasi booster dan juga tidak membawa barang berharga yang berlebihan," imbaunya.