Berburu Malam Lailatul Qadar, Coba Lima Tips Ini

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Ani Nursalikah

Sabtu 15 Apr 2023 16:37 WIB

Jamaah membaca Alquran saat beritikaf di Masjid Istiqlal, Jakarta, Jumat (14/4/2023) dini hari. Berburu Malam Lailatul Qadar, Coba Lima Tips Ini Foto:

1

3. Lakukan itikaf

Berdiam diri minimal satu jam hingga sepuluh hari di akhir Ramadhan di masjid. Habiskan malam sebanyak yang Anda bisa dengan itikaf.

Cara beritikaf adalah fokuskan energi dan waktu untuk menyelesaikan sebanyak mungkin ibadah dari Tarawih sampai makan sahur. Setelah Tarawih, bacalah Alquran, hubungkan dan renungkan maknanya, buat permohonan serta doa Lailatul Qadar, dan lakukan dialog yang tulus dengan Allah. Buka diri kepada-Nya dengan jujur ​​dan sepenuhnya.

Beristirahat sejenak untuk menghidrasi diri sendiri. Laksanakan sholat sunnah dan pastikan untuk tahajud sebelum waktunya makan. Memberi sedekah dengan menggunakan aplikasi atau salah satu dari banyak sumber mencari amal selama waktu yang diberkahi ini. Bersikap baik di lingkungan sekitar.

4. Buatlah daftar doa

Ada doa khusus yang diucapkan selama sepuluh hari terakhir Ramadhan, dengan harapan akan terucap dan dijawab pada Lailatul Qadr.

Aisha, semoga Allah meridhai dia, berkata: Aku bertanya kepada Rasulullah: 'Wahai Rasulullah, jika aku tahu malam apa itu malam Qadar, apa yang harus aku katakan selama itu?' Dia berkata: 'Katakanlah: Ya Allah, Engkau pemaaf dan Engkau suka memberi maaf, jadi maafkanlah aku.'” ( Ahmad, Ibnu Majah, & Tirmidzi ).

Dalam bahasa Arab, Allahumma innaka afuwwun tuhibbul 'afwa fa' fu annii.

5. Lakukan berulang

Lakukan tindakan tadi berulang kali hingga Ramadhan berakhir hingga di setiap Ramadhan berikutnya.

Terpopuler