Jelang Lebaran, KKP Gelar Pasar Ikan Murah Ramadhan di Bandung

Red: Ani Nursalikah

Jumat 14 Apr 2023 17:55 WIB

Ilustrasi pasar murah. Jelang Lebaran, KKP Gelar Pasar Ikan Murah Ramadhan di Bandung Foto: Republika/Wihdan Hidayat Ilustrasi pasar murah. Jelang Lebaran, KKP Gelar Pasar Ikan Murah Ramadhan di Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar pasar ikan murah Ramadhan (PIMR) di Bandung, Jawa Barat pada 14-15 April 2023. Pasar murah ini bertujuan menyediakan sumber protein hewani menjelang Idul Fitri 1444 H.

"Kegiatan PIMR 2023 menjadi salah satu upaya KKP meningkatkan konsumsi ikan masyarakat serta menjamin ketersediaan dan keterjangkauan produk kelautan dan perikanan selama bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri," ujar Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) Budi Sulistiyo dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (14/4/2023).

Baca Juga

Budi mengungkapkan sebagai sumber protein hewani, ikan memiliki segudang nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Karenanya, dia pun mengajak masyarakat terus mengonsumsi ikan selama Ramadhan, termasuk saat Lebaran.

Adapun produk ikan yang ada di pasar ini, di antaranya ikan segar, ikan beku, ikan olahan dan aneka kuliner berbahan baku ikan dengan harga murah. "Harga ikan ini kalau boleh dibilang kaki lima, tapi manfaatnya bintang lima. Jadi, mari rayakan momen Lebaran nanti dengan menu ikan agar silaturahim semakin sehat," ujarnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung Cakra Amiyana mengatakan angka stunting/kekerdilan di Kabupaten Bandung tahun 2022 mencapai 25 persen. Kemudian pada 2023 ditargetkan turun menjadi 22 persen dan diharapkan meningkat 18 persen di tahun 2024.

Karenanya, ia pun berupaya membangun SDM berdaya saing dengan membangun generasi muda yang dimulai dari usia dini. "Dengan konsumsi ikan bisa meningkatkan kecerdasan dan bisa mengurangi stunting," kata Cakra.

Apabila konsumsi diarahkan ke ikan, lanjut Cakra, tentunya akan mengurangi konsumsi makanan yang tinggi karbohidrat dan lemak.