Wapres Harap Mudik Lebaran Tahun Ini Picu Geliat Ekonomi Daerah

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Muhammad Hafil

Jumat 14 Apr 2023 23:39 WIB

Ilustrasi pelabuhan. Kemenhub meminta penambahan pelabuhan dan dermaga agar bisa mengurai kepadatan kendaraan di Pelabuhan Penyebrangan ASDP Merak, Banten. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakannya saat memantau kesiapan pelabuhan dalam mengantisipasi lonjakan mudik Lebaran tahun ini. Foto: istimewa Ilustrasi pelabuhan. Kemenhub meminta penambahan pelabuhan dan dermaga agar bisa mengurai kepadatan kendaraan di Pelabuhan Penyebrangan ASDP Merak, Banten. Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakannya saat memantau kesiapan pelabuhan dalam mengantisipasi lonjakan mudik Lebaran tahun ini.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Wakil Presiden Ma'ruf Amin mengatakan, suasana lebaran Idul Fitri Tahun 2023 ini kembali normal setelah tiga tahun terakhir dilanda pandemi Covid-19. Ma'ruf pun berharap suasana lebaran kali ini mampu memicu geliat ekonomi masyarakat khususnya di daerah.

"Secara ekonomi itu kita harapkan ada dampak ekonominya yaitu bergeraknya ekonomi di daerah, mereka akan berbelanja di daerah, hidup di daerah, ini akan menimbulkan peningkatan ekonomi daerah," ujar Ma'ruf dalam keterangan persnya di Gorontalo, Jumat (14/4/2023).

Baca Juga

Apalagi, kata Ma'ruf, masyarakat yang akan mudik pada lebaran tahun ini diperkirakan mencapai 123 juta orang. Lonjakan angka ini karena banyak masyarakat yang tidak melakukan mudik saat pandemi Covid-19 sebelumnya.

"Karena itu kesempatan ini digunakan mudik. Karena itu diperkirakan lebih dari 100 juta orang, bahkan 130 juta orang mudik. Jadi ada terjadi pergerakan dari kota-kota ke daerah," ujarnya.

"Karena kalau 130 juta bergerak kembali ke daerah, membeli makanan di daerah, belanja di daerah, maka daerahnya akan bergerak," ujarnya.

Terpopuler