Wisatawan Malaysia Puji Penyelenggaraan Festival Ramadhan Aceh 2023

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti

 Jumat 14 Apr 2023 17:37 WIB

 Umat Islam menerima hidangan buka puasa gratis saat Festival Ramadhan di Banda Aceh, Kamis (13/4/2023). Wisatawan asal negeri jiran Malaysia mengaku kagum dan terkesan dengan Festival Ramadhan Aceh (Ramfest) 2023. Foto: EPA-EFE/HOTLI SIMANJUNTAK Umat Islam menerima hidangan buka puasa gratis saat Festival Ramadhan di Banda Aceh, Kamis (13/4/2023). Wisatawan asal negeri jiran Malaysia mengaku kagum dan terkesan dengan Festival Ramadhan Aceh...

Aceh Ramadhan Festival telah berlangsung sejak 9 hingga 13 April 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, ACEH -- Wisatawan asal negeri jiran Malaysia mengaku kagum dan terkesan dengan Festival Ramadhan Aceh (Ramfest) 2023. Festival ini digelar di Masjid Raya Baiturrahman Banda Aceh.

Wisatawan bernama Chegu Mahadi Mohd Ismaeily mengatakan dirinya terkesan dengan kegiatan yang menampilkan beragam tradisi budaya di provinsi ujung paling barat Indonesia itu yang dikemas dalam Ramfest 2023. "Alhamdulillah, saya mendapat suatu pengalaman bermakna dan merasakan keakraban layaknya sebuah keluarga besar saat iftar bersama masyarakat Aceh di Masjid Raya Baiturrahman," katanya.

Baca Juga

Menurut dia, Aceh memiliki keunikan tersendiri karena kaya dengan adat budaya dan tradisi. Kemudian provinsi berpenduduk sekitar lima juta jiwa itu memiliki banyak situs peninggalan sejarah yang berlandaskan syariah Islam yang dapat dikunjungi para pelancong yang berkunjung ke daerah tersebut.

"Aceh satu-satunya daerah yang menjadi tumpuan dan rujukan umat Islam,  dalam menikmati suasana hidup bersyariah yang sederhana dan progresif walaupun di era digital," katanya.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh, Almuniza Kamal, menyampaikan terima kasih kepada seluruh kolaborator Aceh Ramfest 2023 sehingga kegiatan tersebut berjalan maksimal. "Terima kasih dan apresiasi kepada seluruh partisipan yang telah ikut berpartisipasi. Alhamdulillah, kolaborasi yang dilakukan Pemerintah Aceh dengan Pemkot Banda Aceh, UPTD Masjid Raya Baiturrahman, OJK, Kemenparekraf serta pelaku UMKM Ekraf berlangsung sukses dan ke depan bisa kita tingkatkan lagi," kata Almuniza dalam sambutan tertulis dibacakan Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh T Hendra Faisal pada acara seremonial penutupan Aceh Ramfest di Lapangan Eks Hotel Aceh.

Aceh Ramfest yang berlangsung sejak 9 April hingga 13 April merupakan kegiatan yang masuk 100 besar agenda unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) atau Kharisma Event Nusantara (KEN) 2023. Kegiatan tersebut juga merupakan pra-Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) yang akan berlangsung pada Agustus 2023.

Berita Lainnya