Kuil Distrik Malappuram Kerala Gelar Buka Puasa Bersama

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Ani Nursalikah

Jumat 14 Apr 2023 16:27 WIB

Menu bubur oushadha kanji yang disajikan sebagai sajian berbuka puasa di Palayam Juma Masjid di Kerala, India. Kuil Distrik Malappuram Kerala Gelar Buka Puasa Bersama Foto: Deccan Chronicle Menu bubur oushadha kanji yang disajikan sebagai sajian berbuka puasa di Palayam Juma Masjid di Kerala, India. Kuil Distrik Malappuram Kerala Gelar Buka Puasa Bersama

REPUBLIKA.CO.ID, MALAPPURAM -- Dua komite kuil di Malappuram saat ini menjadi contoh kerukunan komunal. Mereka menyelenggarakan iftar atau buka puasa bersama bagi umat Islam selama bulan suci Ramadhan.

Dua kuil yang dimaksud adalah komite kuil Sree Puthuveppu Manaliyarkavu Bhagavathi di Kuil Othalur dan Chathangadu Sree Maha Wisnu di Vaniyannur dekat Tirur. Mereka menggelar Iftar massal di halaman kuil masing-masing, pada 28 Maret dan 7 April.

Baca Juga

Dilansir di New Indian Express, Jumat (14/4/2023), kedua acara tersebut disambut antusias oleh umat Islam. Ini adalah inisiatif yang diambil oleh sekelompok anak muda di daerah.

“Tujuan kami memperkuat ikatan antara orang-orang dari komunitas Hindu dan Muslim. Kerukunan beragama itu penting dan kami ingin merayakan setiap festival bersama, dalam suasana damai dan riang,” kata sekretaris kuil Sree Puthuveppu Manaliyarkavu Bhagavathi, Krishnan Pavittapuram.

Salah satu anak muda di balik pesta itu, Dijith K, mengatakan seseorang dari komunitas Muslim telah mensponsori annadanam selama festival pemasangan tahunan kuil. Festival ini ternyata dilaksanakan bersamaan dengan Ramadhan tahun ini.

"Kami akan terus menyelenggarakan buka puasa massal di tahun-tahun mendatang,” ujar dia.

Untuk Kuil Chathangadu Sree Maha Wisnu, kegiatan ini adalah Iftar kedua yang mereka selenggarakan. Seperti tahun sebelumnya, masyarakat Muslim tidak bisa menghadiri annadanam karena festival tahunan tersebut jatuh pada bulan Ramadhan.

"Jadi, kami menyelenggarakan Iftar massal sehari setelah festival tahunan. Kami akan menyelenggarakannya tahun depan jika tanggal festival pemasangan tahunan jatuh pada bulan Ramadhan," kata sekretaris komite kuil, Lakshmanan K K.

Panakkad Rasheed Ali Shihab Thangal, seorang pemimpin Liga Muslim Persatuan India (IUML), disebut ikut menghadiri kegiatan buka puasa di Vaniyannur. Ia pun memberikan apresiasi atas tindakan kuil tersebut.

“Kuil ini telah menetapkan model untuk diikuti orang lain. Semua masyarakat harus hidup rukun di negara ini. Kita harus bergerak maju sambil menghormati dan membantu satu sama lain. Seharusnya tidak ada ruang untuk kebencian di hati kita,” ucap dia.