Polda Lampung Kerahkan 2.686 Personel Pengamanan Mudik Lebaran 2023

Red: Nora Azizah

Rabu 12 Apr 2023 23:40 WIB

Pengendara sepeda motor melintas di jalur alternatif mudik (Foto: ilustrasi). Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja Pengendara sepeda motor melintas di jalur alternatif mudik (Foto: ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDARLAMPUNG -- Kepolisian Daerah (Polda) Lampung telah menyiapkan sebanyak 2.686 personel dalam rangka cipta kondisi Harkamtibmas kepada para pemudik Lebaran Tahun 2023. "Jumlah personel itu nantinya tersebar di 83 pos yang ada di seluruh Lampung dengan didukung oleh sarana dan prasarana demi menunjang kegiatan pengaman tersebut," kata Kapolda Lampung Irjen Pol Helmi Santika didampingi Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, Rabu (12/4/2023).

Dia melanjutkan, pada pelaksanaan mudik lebaran Tahun 2023, Polda Lampung merupakan ujung tombak pelaksanaan pengamanan di wilayah Lampung. "Kami bersama instansi lain seperti Dishub dan BPTD Bengkulu-Lampung telah melakukan pemeriksaan kendaraan yang akan digunakan selama mudik terutama bus yang beroperasi melalui Terminal Rajabasa," kata dia.

Baca Juga

Pandra menambahkan, bersama Dnas Perhubungan (Dishub) Lampung pihaknya memastikan bahwa bus tersebut telah layak jalan dengan pemasangan stiker yang dikeluarkan oleh Dishub. Kepada sopir dan kondektur, pihaknya telah melakukan pemeriksaan kesehatan agar dapat mengetahui kondisi fisik sehingga saat mengendarai bus dapat aman dan lancar hingga tidak terjadi yang tidak diinginkan.

"Kami juga mengimbau para pemudik untuk lebih berhati-hati pada saat mudik serta jangan menerima makanan atau minuman dari orang yang tidak dikenal. Apabila menemukan hal-hal seperti itu segera laporkan kepada petugas yang melakukan pengamanan di terminal-terminal atau pos terdekat," katanya.

"Bisa juga melakukan pelaporan melalui aplikasi yang dikeluarkan oleh Polri yaitu SuperApps yang memiliki banyak fungsi seperti info lokasi yang rawan tindak kejahatan, kantor polisi dan pos polisi terdekat, serta banyak kegunaan lainnya," tambahnya.