Mengenal Tradisi Menu Berbuka Khas Timur Tengah

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil

Rabu 12 Apr 2023 16:00 WIB

Makanan buka puasa khas Arab dan Timur Tengah Foto: Arab News Makanan buka puasa khas Arab dan Timur Tengah

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Bulan suci Ramadhan menawarkan kesempatan bagi keluarga dan teman untuk berkumpul dan berbagi momen ramah tamah. Terutama saat berbagi momen di sekitar meja yang dihiasi dengan hidangan lezat dan makanan penutup yang lezat untuk berbuka puasa atau sahur.

Dilansir di Arab News, Rabu (12/4/2023), semua Muslim yang taat di Lebanon, Maroko, Aljazair, dan Tunisia saling mengundang dan diundang untuk berbuka puasa yang terdiri dari hidangan tradisional yang dipengaruhi oleh cita rasa daerah. Kurma merupakan sumber energi langsung dan seringkali menjadi makanan pertama yang dikonsumsi saat berbuka puasa.

Baca Juga

Di Libanon, persembahan biasa termasuk nasi dengan ayam, dikenal sebagai riz a djej; shorba, sering berupa sup lentil; kebbe, daging yang dicampur dengan bulgur; moghrabie, juga disebut couscous Lebanon; samboussek dengan daging atau keju; hummus untuk digigit dengan roti pita, keripik, kerupuk, atau irisan baguette panggang; dan tabbouleh dan fattouch, bintang salad Lebanon.

Adapun makanan penutup Lebanon paling populer selama Ramadhan adalah kallaj, makanan khas yang dipanggang hanya pada kesempatan ini. Di Sidon, pejalan kaki memadati toko kue, tertarik dengan makanan penutup yang dipajang di jendela, sering dimakan dengan secangkir jallab, sirup buah yang terbuat dari carob, kurma, molase anggur, dan air mawar.

Di Maroko, sup harira, dibuat dengan daging domba dan sayuran, merupakan makanan pokok di atas meja. Negara ini juga terkenal menggunakan terong dalam berbagai resep, seperti pure terong yang disajikan dengan batbout, roti gulung Maroko, lasagna terong dan zaalouk, serta salad.

Untuk hidangan penutup, yang wajib dimiliki adalah chebakia, kue Ramadan andalan Maroko. Orang Maroko menikmati kue gulung ini, juga dikenal sebagai kue atau donat Maroko, briouat almond, kue puff manis atau gurih yang dibumbui dan dihias dengan almond cincang, dan banyak kue lezat lainnya seperti meloui dan msemen yang mirip dengan pancake.

Buka puasa memiliki cita rasa yang sangat khas di Tunisia. The tchich, sup jelai berbahan dasar tomat Tunisia dengan potongan lembut gurita dan mint kering, meleleh di mulut dan menawarkan rasa yang lezat. Sup ini biasanya disajikan pada acara-acara khusus seperti pernikahan dan Ramadhan.

Penyebaran iftar Tunisia klasik terdiri dari swabaa fatma, juga dikenal sebagai jari-jari Fatma, yaitu stik goreng renyah yang terbuat dari adonan tipis dan diisi dengan berbagai isian; rouz jerbi, hidangan seimbang dan bergizi lainnya yang terdiri dari nasi dan berbagai sayuran dan protein pilihan dengan orang Tunisia sering memilih udang; dan brik, kue filo isi. Untuk suguhan manis, zlabia dengan air bunga jeruk adalah favorit Tunisia yang sangat istimewa.

Mirip dengan tetangga Tunisia mereka, warga Aljazair juga menikmati briks selama bulan suci. Permulaan yang lezat dan sangat populer, ideal untuk disajikan di meja Aljazair mana pun selama Ramadhan, briks selalu disertai dengan shorba frik - diwarisi dari periode Ottoman - yang merupakan sup tradisional Aljazair yang terbuat dari gandum hijau yang dihancurkan.

Lauk favorit di meja Ramadhan, couscous disiapkan dengan daging domba atau sapi yang direbus dengan buncis, bawang bombay, wortel, labu, dan berbagai bumbu. Kalb el louz, kue dari Constantine, adalah hidangan penutup yang sangat dihargai di Aljazair, dan dinikmati dengan teh mint.

Kelezatan yang tak tertahankan dan sumber energi yang penting, zlabia juga populer di kalangan orang Aljazair, serta Tunisia, selama Ramadhan. Baik di Beirut, Tunis, Aljazair, atau Rabat, hubungan agama, budaya, bahasa, dan sejarah antara negara-negara ini menegaskan keaslian kuliner unik yang ditonjolkan dan dipromosikan selama Ramadan.