Tinjau Tol Mudik, Menko PMK Pastikan Fasilitas Bertambah

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Ahmad Fikri Noor

Senin 10 Apr 2023 10:17 WIB

Menko PMK Muhadjir Effendy, Menhub Budi Karya Sumadi, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau kesiapan penerimaan arus mudik lebaran di Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu), Provinsi Jawa Barat pada Ahad (9/4/2023). Foto: Dok.Republika Menko PMK Muhadjir Effendy, Menhub Budi Karya Sumadi, dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau kesiapan penerimaan arus mudik lebaran di Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan (Cisumdawu), Provinsi Jawa Barat pada Ahad (9/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan, pemerintah terus mematangkan persiapan arus mudik Lebaran 2023. Salah satunya, memastikan penambahan berbagai fasilitas untuk menghadapi arus mudik yang diprediksi akan mencapai angka 123 juta orang pemudik.

Muhadjir mengatakan, langkah yang telah dilakukan oleh para pihak pengembang jalan tol, baik dari swasta ataupun BUMN yakni menambah lebar ruas jalan, menambah kapasitas rest area, menambah prasarana tol, dan menambah rest area baru untuk mengantisipasi melonjaknya pengunjung rest area di puncak arus mudik dan balik.

Baca Juga

Di antara ruas jalan tol Trans Jawa yang melakukan pembenahan adalah di ruas Tol Cipali yakni menambah jalur dan menambah kapasitas rest area di KM 86, menambah rest area sementara di KM 81A dan 81B, penambahan jalur mudik di ruas Tol Cikampek dan kapasitas rest area di KM 62, serta memperbaiki sarana rest area supaya lebih nyaman.

"Ini untuk menciptakan mudik Lebaran 2023 yang lancar, aman, nyaman, dan berkesan," kata Muhadjir dikutip dari siaran persnya, Senin (10/4/2023).

Menurutnya, langkah-langkah yang dilakukan oleh para pengembang jalan tol sudah sangat baik dan sudah belajar untuk mengantisipasi hambatan mudik dari pengalaman mudik tahun sebelumnya. Hal itu disampaikannya saat meninjau ruas jalan tol di Tol Cipali dan Tol Cipularang bersama Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Santyabudi dan pihak pengembang tol pada Ahad (9/4/2023).

"Kebijakan sebelumnya sudah kita koreksi dengan menambah jalur itu saya kira suatu keputusan yang bagus. Ada penambahan rest area, penambahan sarana prasarana seperti toilet, mini market, dan lainnya," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Muhadjir juga meminta para pengembang tol untuk mensiagakan ekstra prasarana seperti mobil derek, para petugas tol, dan mobil bensin keliling.

Kemudian, dia juga meminta pihak tol untuk selalu berpatroli dan bersiaga untuk mengimbau para pemudik supaya mengecek kapasitas bensinnya agar tidak mogok dan mati mesin. Kemudian mengingatkan supaya tidak berkendara di kala lelah, dan mengingatkan supaya saldo uang elektronik mencukupi untuk melintasi gerbang tol.

Muhadjir juga mengimbau supaya para pemudik untuk lebih ekstra mengecek kesehatan dan kemananan kendaraannya supaya tidak sampai bermasalah saat berangkat mudik yang bisa berakibat fatal. Termasuk juga kesehatan dan kesiapan dirinya untuk berangkat mudik.

"Ini saya kira sudah ditangani dengan baik. Mudah-mudahan mudik tahun ini jauh lebih lancar dari sebelumnya," ujarnya.

Terpopuler