Pemprov Sulsel Gelar Festival Ramadhan

Red: Erdy Nasrul

Ahad 09 Apr 2023 03:53 WIB

Ilustrasi Festival Ramadhan. Foto: Republika/Prayogi Ilustrasi Festival Ramadhan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan akan menggelar Festival Ramadhan yang mengusung tema Ceria Ramadhan Bersama Andalan (Cerah Andalan) di Gedung Kartini, Kota Makassar, 9 April 2023.

Kegiatan tersebut terdiri dari beberapa kategori lomba, yaitu tahfidz, da'i cilik, adzan, memasak, dan foto yang terbuka bagi masyarakat Sulawesi Selatan.

Baca Juga

Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman di Makassar, Sabtu, mengajak masyarakat untuk menyukseskan kegiatan di bulan yang penuh berkah ini.

Ia menjelaskan, terdapat mekanisme khusus untuk seleksi kategori lomba tahfidz, da'i cilik, dan adzan. Seleksi akan dilaksanakan secara daring, dan 10 besar di antaranya akan berkesempatan untuk didatangkan langsung di lokasi pelaksanaan Cerah Andalan.

Bagi masyarakat yang berpartisipasi akan mendapatkan hadiah menarik dengan total puluhan juta rupiah.

Sementara itu, Direktorat Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Universitas Hasanuddin (Unhas) menggelar Musabaqah Tilawatil Quran Mahasiswa (MTQM) yang terpusat di Lantai Dasar Gedung Rektorat Unhas Tamalanrea Makassar, 10-12 April 2023.

Direktur Kemahasiswaan dan Penyiapan Karir Unhas, Abdullah Sanusi MBA PhD mengatakan pelaksanaan MTQM 2023 lebih menarik dan berbeda karena mempertandingkan Lomba Ceramah Bahasa Daerah (LCBD).

Yaitu lomba ceramah berbahasa daerah Bugis dan Makassar dengan menggunakan kaidah kaidah ceramah Islam dengan arti dan penafsiran Alquran dan Hadis dalam Bahasa Bugis dan Makassar.