Jumat 07 Apr 2023 17:29 WIB

Jaga Kebugaran Jelang Mudik Lebaran, Biasakan Latihan Aerobik Sebelumnya

Salah satu latihan aerobik yang mudah dilakukan ialah jalan kaki.

Jalan kaki (ilustrasi). Selain latihan aerobik, calon pemudik juga perlu menyertakan latihan beban atau latihan otot.
Foto: www.pixabay.com
Jalan kaki (ilustrasi). Selain latihan aerobik, calon pemudik juga perlu menyertakan latihan beban atau latihan otot.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dokter spesialis kedokteran olahraga Michael Triangto menilai latihan aerobik bisa membantu seseorang menjaga kebugaran tubuh saat musim mudik Lebaran. Seperti apa persiapannya?

"'Saya nggak ada waktu'. Kalau merasa tidak ada waktu khusus untuk berolahraga untuk tujuan sehat ini, berarti Anda harus menyisipkan bentuk-bentuk latihan tadi dalam kehidupan sehari-hari," kata Michael yang tergabung dalam Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) saat dihubungi Antara, Jumat (7/4/2023).

Baca Juga

Latihan aerobik merupakan olahraga berintensitas ringan dengan gerakan yang berulang-ulang dalam waktu yang relatif lebih panjang. Salah satu contoh latihan aerobik yang mudah dilakukan adalah berjalan kaki di sekitar lingkungan rumah selepas subuh.

Jenis latihan aerobik akan melatih sistem kardiorespirasi. Dengan demikian, seseorang tidak akan mudah mengantuk.

"Kalau dia menjalankan itu (berjalan kaki selepas subuh), tidak terlalu lelah, tetap bisa berpuasa dan siang hari tetap segar," kata Michael.

Di samping latihan aerobik, calon pemudik juga harus menyertakan latihan beban atau latihan otot. Di antara kombinasi dua jenis latihan itu, kata Michael, latihan aerobik harus lebih banyak porsinya daripada latihan beban.

Saat latihan beban, tidakberarti seseorang harus mengangkat beban yang besar. Michael mencontohkan aktivitas sederhana seperti mengangkat atau menggendong anak atau cucu juga sebetulnya dapat dijadikan sebagai latihan otot.

"Kombinasi dua ini (latihan aerobik dan latihan otot), itu paling tidak persyaratan minimal untuk memulai perencanaan mudik lebaran," kata Michael.

Selain mempersiapkan kebugaran tubuh dengan berolahraga, Michael mengingatkan agar calon pemudik memastikan kondisi kesehatannya terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mudik. Sebab, kata dia, orang yang tidak sehat tidak dianjurkan untuk melakukan perjalanan jauh.

Sebagai contoh, seseorang yang sedang mengalami diare maka akan membutuhkan area istirahat setiap jarak tempuh beberapa kilometer. Kondisi itu akan merepotkan jika pemudik melewati jalur yang minim tersedia tempat istirahat.

sumber : Antara
Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement