Polres Ciamis Siapkan 11 Pos Selama Musim Mudik Lebaran

Rep: Bayu Adji P/ Red: Nora Azizah

Rabu 05 Apr 2023 20:46 WIB

Pemudik menunggu kedatangan kereta di stasiun. Foto: ANTARA/Galih Pradipta Pemudik menunggu kedatangan kereta di stasiun.

REPUBLIKA.CO.ID, CIAMIS -- Kepolisian Resor (Polres) Ciamis mulai melakukan persiapan jelang menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran 1444 H. Salah satu persiapan yang dilakukan adalah menggelar rapat koordinasi internal di tingkat polres.

Kepala Bagian Operasi (Kabag Ops) Polres Ciamis, Kompol Nia Kurnia, mengatakan, pihaknya berencana membentuk sejumlah pos selama Operasi Ketupat Lodaya 2023. Pos itu akan terdiri dari pos pelayanan, pos pengamanan, hingga pos gatur.

Baca Juga

"Kami sampaikan terkait rencana pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2023 Polres Ciamis, yang mana rencananya kami akan membentuk satu pos pelayanan, lima pos pengamanan, dua pos pelayanan, dan tiga pos gatur," kata dia melalui siaran pers, Rabu (5/4/2023).

Sementara itu, Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Ciamis AKP Asep Iman Hermawan, di wilayahnya terdapat beberapa jalur yang dapat digunakan pada saat arus mudik maupun arus balik, baik itu jalur arteri maupun jalur alternatif. Namun, sesuai arahan Polda Jabar, penggunaan jalur alternatif hanya dapat digunakan pada waktu siang hari. 

"Karena minimnya penerangan dan petunjuk arah," kata dia.

Asep menambahkan, berdasarkan hasil analisis, diperoleh prediksi bahwa arus balik akan lebih tinggi dari pada arus mudik. Karena itu, menurut dia, diperlukan perhatian yang lebih tinggi dalam menggelar personel di lapangan.